Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Kembalikan Formulir Bakal Caketum

Airlangga: Proses Pemilihan Ketum Golkar Demokratis

Senin, 2 Desember 2019 17:02 WIB
Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto (tengah) saat mengembalikan formulir pendaftaran bakal caketum Partai Golkar di DPP Golkar, Senin (2/12). (Foto: Oktavian Surya Dewangga/Rakyat Merdeka)
Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto (tengah) saat mengembalikan formulir pendaftaran bakal caketum Partai Golkar di DPP Golkar, Senin (2/12). (Foto: Oktavian Surya Dewangga/Rakyat Merdeka)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto mengembalikan formulir pendaftaran bakal calon ketua umum (caketum) Partai Golkar di DPP Golkar, Jl. Anggrek Neli Murni, Slipi, Jakarta Barat, Senin (2/12), pukul 16.00 WIB. 

Airlangga berjalan kaki dari kantor DPP Golkar menuju Graha Widyabhakti, tempat pengembalian formulir dengan didampingi puluhan orang. Di antaranya, Ketua DPD I Golkar Jawa Barat Dedi Mulyadi, Korbid Partai Golkar Azis Syamsuddin, Ketum MKGR Roem Kono, Ketua Koordinator Bidang Perempuan, Pemuda, dan Inovasi Sosial Partai Golkar Agus Gumiwang. 

Hadir pula Sekjen Golkar Lodewijk Freidrich Paulus, Ketum Soksi Ali Wongso, Ketum AMPI Dito Ariotedjo, Ahmad Doli Kurnia, dan politikus senior Golkar Rully Chairul Azwar. "Airlangga dua periode," seru para "pengantar" Airlangga itu berkali-kali. 

Baca juga : Kementan Pilih Tegal Jadi Lokasi Pelatihan Petugas Verifikasi Bawang Putih

Tiba di sana, Airlangga disambut Ketua Komite Pemilihan, Maman Abdurahman. "Saat ini saya menempatkan ketum, sebagai bakal calon ketua umum. Semoga pendaftaran ini lancar," ujar Maman. 

"Yang berkuasa di meja ini panitia ketua pemilihan, tapi kalau sudah berdiri, ikut ketum lagi," canda Airlangga sambil mencorat-coret beberapa berkas.  "Inilah, saya diminta melengkapi formulir yang seharusnya panitia yang mengisi. Jadi saya lebih hafal dari panitia," selorohnya disambut tawa.

Baca juga : Akbar Berharap Pemilihan Ketum Golkar Berjalan Aman dan Tertib

Dia menyatakan sudah melengkapi semua persyaratan sebagai bakal caketum Partai Golkar. "Bebas G30S ada, bebas narkoba, dari kepolisian SKCK ada. Karena saya pengalaman jadi anggota DPR berkali-kali," ujar Airlangga. "Dan ijazah lengkap, asli!" imbuhnya disambut riuh para pendukungnya. 

Airlangga bilang, dari proses penjaringan awal ini, wartawan bisa mengikuti proses selanjutnya. Ini menunjukkan proses pemilihan ketua umum partai beringin berlangsung secara demokratis, transparan, dan terbuka.

"Dalam setiap proses teman-teman wartawan bisa menyaksikan sampai pada Munas. Jadi kita konsentrasi saja ke arena Munas," tuturnya. [OKT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.