Dark/Light Mode

Dinobatkan Jadi Sesepuh Jawa Barat

Maruf Amin Ngaku Punya Darah Pasundan

Minggu, 20 Januari 2019 13:19 WIB
KH Maruf Amin (tengah) saat berkunjung ke Pondok Pesantren Baitul Arqom, Pacet, Kab. Bandung. Sabtu (19/1). (Foto: Istimewa)
KH Maruf Amin (tengah) saat berkunjung ke Pondok Pesantren Baitul Arqom, Pacet, Kab. Bandung. Sabtu (19/1). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Habis Banten, Ma’ruf Amin lanjutkan safari politiknya ke Jawa Barat. Di Bandung, cawapres 01 ini dinobatkan sebagai tokoh sesepuh masyarakat Jawa Barat. Gelar itu diberikan kelompok Sadulur Salembur di Hotel Horizon, Bandung, Jawa Barat.

Baca juga : Jawaban KH Maruf Amin Lebih Tajam dan Mengena

Dalam acara itu, hadir sekitar 500 orang dari berbagai kelompok masyarakat Sunda, sesepuh dan budayawan. Dalam sambutannya, Ma’ruf mengaku masih punya darah Sunda.

Baca juga : Maruf Nggak Nendang

“Saya punya darah Pasundan dari Pajajaran dan Su￾medang,” kata Ma’ruf. Menurut Ma’ruf, sudah lama Pasundan tak memiliki tokoh nasional. Sejak Wakil Presiden Umar Wirahadikusumah, katanya, tidak ada lagi orang Sunda yang menjadi Wakil Presiden. “Urang Sunda asa aya tapi teu aya (Oang Sunda seperti ada tapi tidak ada),” jelas Ma’ruf.

Baca juga : Di Jakarta, Mau Nikah Kudu Punya Sertifikat Layak Kawin

Dia pun menceritakan alasan, kenapa dirinya mau dijadikan cawapres oleh Jokowi. Kata dia, Jokowi punya cita-cita besar untuk Indonesia yang maju dan sejahtera. “Prasarana, infrastruktur, pembangunan ekonomi, sosial, pendidikan, dan kesehatan,” kata Ma’ruf. Ketua MUI ini melihat pembangunan di era Jokowi sebagai cita-cita yang tulus dan semangat yang tinggi. Membangun Indonesia itu tidak hanya di Jawa tapi Nusantara hingga Papua. “Saya ingin membantu beliau di periode kedua,” ujarnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.