Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Dapil I Provinsi Sulawesi Selatan

Dinasti Menguat, Anak Dan Ibu Pun Hadap-hadapan

Sabtu, 26 Januari 2019 11:13 WIB
Aura Aulia Imandara (kiri) caleg dari Partai Nasdem, Indira Yusuf Ismail (tengah) caleg dari Partai Perindo dan Azikin Solthan (kanan) caleg dari Partai Gerindra.
Aura Aulia Imandara (kiri) caleg dari Partai Nasdem, Indira Yusuf Ismail (tengah) caleg dari Partai Perindo dan Azikin Solthan (kanan) caleg dari Partai Gerindra.

 Sebelumnya 
Malah Gerindra menempatkan Ketua Gerindra Sulsel Andi Idris Manggabarani di nomor urut 3 untuk bisa menambah kursi DPR. PDI Perjuangan masih mengandalkan petahana yang juga Ketua PDIP Sulsel Ridwan Andi Wittiri. Ridwan tidak sendiri. Dia akan ditopang Guru Besar Fakultas Kesehatan Universitas Hasanuddin (Unhas) Prof Abdul Razak Thaha di nomor urut 2.

Begitu pula PAN, masih mengandalkan incumbent M Irwan Zulfikar di nomor urut 5. Sedangkan nomor urut pertamanya ditempati Ketua PAN Sulsel, Ashabul Kahfi. Berbeda dengan lain, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) tidak lagi mencalonkan petahana Tamsil Linrung. Andalan partai pimpinan Sohibul Iman ini adalah anggota DPRD Sulsel Fraksi PKS Ariyadi Arsal di nomor urut 1.

Baca juga : Satu Dusun Terkubur Akibat Longsor

Partai Persatuan Pembangunan (PPP) juga menjagokan petahana M Amir Uskara di nomor urut 1. Untuk mendapatkan dua kursi DPR, Amir disokong pengu￾saha properti dari Gowa dan Makassar Nur Syahadat Syam di nomor urut 2. Partai Golkar tampaknya tak mau kalah.

Mereka tetap pertahankan petahana Hamka Baco Kady di nomor urut teratas. Untuk menambah kursi, Golkar juga menurunkan mantan Ketua Umum Kesatuan Perempuan Partai Golkar (KPPG), Ulla Nuchrawaty di nomor urut 6. Lalu menyusul anggota DPRD Sulsel Hoist Zulkkarnain Bachtiar di nomor 7.

Baca juga : Lawan Hinca Dan Junimart, Djarot Pede Raih Kursi

Petahana Golkar Hamka Baco Kady mengatakan, partainya menargetkan 2 kursi DPR dari Dapil I Sulsel. “Untuk mencapai target itu, kami kerja dan terus turun menemui masyarakat. Semua kader dan personelnya saat ini berkerja keras demi men￾capai target itu,” ujar Hamka.

Hamka meminta semua kader tidak saling sikut satu sama lainnya untuk mencapai target itu. “Di dapil, saya terus dan banyak bekerja saja. Pokoknya, tidak boleh ada saling sikut atau menjelekkan. Kita kan berjuang untuk partai dan rakyat demi kehidupan lebih baik,” katanya.

Baca juga : Tujuh Caleg Gagal Maju Lagi, PKPI Tak Kirim Calon

Caleg Golkar lainnya, Ulla Nuchrawaty mengaku tidak takut meski di Dapil I Sulsel bertabur tokoh kuat termasuk petahana. “Saya tidak gentar karena semua memiliki peluang sama. Saya percaya penuh, bahwa penyelenggara tidak akan rintervensi dan jujur,” jelas mantan Ketua Umum Kesatuan Perempuan Partai Golkar (KPPG) itu.

Ulla mengingatkan semua pihak untuk bersaing sehat dan tidak menggunakan hoaks untuk bisa menang. “Yang sebar hoaks belum berpikiran maju. Bersaing sehat sajalah kasihan orang yang nggak punya gubernur, bupati atau perusahaan besar. Mereka mata memiliki potensi besar tapi tergilas dengan dinasti berkuasa, itu tidak mendidik,” tegasnya. [EDY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.