Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Nasdem Tolak Karantina Wilayah

Selasa, 31 Maret 2020 20:25 WIB
Irma Suryani Chaniago
Irma Suryani Chaniago

RM.id  Rakyat Merdeka - Politisi Partai Nasdem, Irma Suryani Chaniago mendukung langkah pemerintah yang menetapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), dalam menangani wabah corona. 

Irma menilai, karantina wilayah belum saatnya dilakukan."Saat ini, baru beberapa provinsi yang berstatus darurat corona, sehingga memang belum saatnya untuk melangkah pada keputusan untuk melakukan karantina wilayah," ujar Irma saat dikontak RMco.id, Selasa (31/03). 

Irma mengingatkan, untuk melakukan karantina wilayah, maka pemerintah wajib menyediakan kebutuhan dasar rakyat. Juga, menjamin kesehatan seluruh rakyat. 

Baca juga : Diungkap Luhut, Karatina Wilayah Diketok Pekan Ini

Ini termaktub dalam Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan yang menjadi dasar dilakukannya kebijakan itu. 

Dalam Pasal 8 tertulis, setiap orang mempunyai hak mendapatkan pelayanan kesehatan dasar sesuai kebutuhan medis, kebutuhan pangan, dan kebutuhan kehidupan sehari-hari lainnya selama karantina.

"Sedangkan faktanya hanya beberapa provinsi yang berstatus darurat corona," imbuhnya. 

Baca juga : Pemerintah Siap Kirim Bantuan WNI di Malaysia

Irma menyebut, dalam situasi ekonomi dunia yang seperti ini, tentu pemerintah harus benar benar menghitung langkah apa yang tepat untuk menanggulangi pandemi ini. 

"Tidak bermanfaat juga jika pemerintah harus menanggung kebutuhan dasar mereka yang tidak terkena wabah, apalagi mereka yang hidup berkecukupan," tutur Irma. 

Apa yang dikerjakan pemerintah saat ini dinilai Irma sudah cukup baik. Tapi dia menyatakan, pemerintah hanya perlu menambah disiplin warga dengan memberikan BLT dan sembako. 

Baca juga : Hoaks, Tol Arah Jakarta Ditutup Pada Hari Ini

"Khususnya, bagi para buruh harian lepas dan rakyat miskin agar mereka bisa tetap di rumah. Pemerintah daerah bisa merelokasi anggaran untuk melakukan hal ini," saran dia. 

Untuk menjalankan program ini, menurut Irma tidak sulit. Menteri Tenaga Kerja dan Menteri Sosial bisa berkoordinasi. 

"Kalau ini berjalan, maka regulasi yang diputuskan pemerintah yaitu PSBB, Insyaallah bisa jadi jalan keluar selain social distancing dan penutupan pintu masuk dan keluar provinsi darurat corona," tandasnya. [OKT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.