Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Pengamat: Waspada Perang Terbuka Amien Rais Vs Zulkifli Hasan

Sabtu, 16 Mei 2020 17:21 WIB
Amien Rais/Ist
Amien Rais/Ist

RM.id  Rakyat Merdeka - Pengamat politik dari Universitas Al-Azhar Ujang Komaruddin menyarankan DPP Partai Amanat Nasional (PAN) segera merangkul kubu Amien Rais sebelum terlambat. Jika tidak, perang terbuka antara kubu Amien dengan Ketum Zulkifli Hasan (Zulhas) bisa terjadi.

“Yang harus dilakukan DPP ya merangkul kelompok Amien Rais. Karena bagaimanapun kubu Amien sama-sama kader yang pernah berdarah-darah membesarkan PAN,” ujar Ujang kepada RMco.id, Sabtu (16/5).

Menurut Ujang, perang antara pendukung Zulhas dengan Amien Rais telah meluas. Muaranya, akan menguntungkan sempalan PAN yang kini sedang digagas kubu Amien.

Baca juga : KPK Fasilitasi Pelimpahan Tiga Tersangka Kasus Jiwasraya

“Kemungkinan besar konflik dua kubu, Amien dengan Zulhas akan terus berlangsung, akan semakin meluas, dan semakin terbuka. Terbukti, saat ini sudah ada Ketua DPW yang berani menentang DPP,” katanya.

Ujang menganalisa, merembetnya polemik PAN karena DPP dianggap tidak peka terhadap kubu Amien pascakongres. Bagitu menang, Zulhas langsung melucuti jabatan jagoan Amien Rais yaitu Mulfachri Harahap sebagai pimpinan Komisi III DPR.

Belakangan, putra Amien Rais yaitu Hanafi Rais memperpanjang drama politik dengan mengundurkan diri dari DPR hingga kepengurusan di DPP PAN.

Baca juga : Waspadai Penurunan Ekonomi di Kuartal II

Mundurnya Hanafi diikuti salah satu loyalis Amien Rais yaitu Asri Anas.

“Pasca Kongres harusnya kedua kubu islah. Melakukan konsensus agar PAN tak terbelah. Yang terjadi bukan islah, rekonsiliasi, atau konsensus. Tapi saling menafikan dan menyingkirkan,” katanya.

Jika perang terbuka terjadi, katanya, maka yang akan diuntungkan adalah kubu Amien. Tentunya, akan terbangun asumsi kalau Amien sebagai pendiri dizolimi pengurus partainya sendiri. [BSH]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.