Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Debat Capres Jilid 2

Prabowo Tampak Bingung Ditanya Soal Unicorn

Senin, 18 Februari 2019 07:17 WIB
Capres 01 Joko Widodo dan Capres 02 Prabowo Subianto dalam Debat Capres Jilid 2 di Hotel Sultan Jakarta, Minggu (17/2). (Foto: Dwi Pambudo/Rakyat Merdeka)
Capres 01 Joko Widodo dan Capres 02 Prabowo Subianto dalam Debat Capres Jilid 2 di Hotel Sultan Jakarta, Minggu (17/2). (Foto: Dwi Pambudo/Rakyat Merdeka)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sesi ketiga Debat Capres Jilid bertema upaya mempersiapkan tantangan revolusi industri 4.0. Dalam hal ini, Jokowi mengaku telah menyiapkan sistem online bagi petani dalam bidang pangan. Sehingga petani bisa menjual hasil panennya lewat online.

Prabowo lalu menanggapi. Dia bilang dampak industri 4.0 memang dahsyat. Bisa menggantikan tenaga kerja manusia oleh robot. Hanya saja, boleh membicarakan industri 4.0, tapi jangan lupakan petani.

Baca juga : Jokowi Semangat Dengan Prestasinya, Prabowo Asyik Saja Dengan Pikirannya

Dia menilai, pemerintah belum bisa membela petani. "Kita juga belum bisa menjamin harga pangan terjangkau untuk rakyat kita," kata Prabowo.

Mendapat serangan itu, Jokowi balik menyerang. Dia menyebut Prabowo kurang optimis menyongsong revolusi 4.0. Jokowi yakin pembangunan sumber daya manusia (SDM) yang direncanakannya akan lebih mensejahterakan petani. Menurut dia, saat ini produk-produk hasil petani sudah langsung bisa diakses konsumen.

Baca juga : Biar Rame, Silakan Saling Serang

Cara itu terbukti mampu memberikan harga yang lebih kompetitif bagi petani. "Dari produsen ke konsumen. Tidak lewat agen di tengah," ucapnya.

Di sesi selanjutnya, Prabowo menepis tuduhan kurang optimis dari Jokowi. Jawaban itu disampaikan saat Prabowo menjawab pertanyaan soal pengelolaan sawit. "Saya bukan pesimis, Pak. Saya sangat optimis. Kita sangat mampu untuk swasembada di bidang energi," ujar Prabowo yang disambut teriakan hore oleh pendukungnya.

Baca juga : Prabowo Tak Akan Menyerang

Mengenai sawit, Prabowo menyatakan sawit merupakan komoditas strategis bagi Indonesia. Prabowo ingin jatah keuntungan untuk petani sawit bisa diperbanyak untuk kalangan petani.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.