Dark/Light Mode

Survei Terkini Pilpres 2024

Ganjar dan Kang Emil Masuk Tiga Besar

Senin, 29 Juni 2020 09:21 WIB
Dari kiri: Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Foto: Istimewa)
Dari kiri: Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Di bawah Anies, ada nama Sandiaga Uno (8,9 persen), Khofifah Indar Parawansa (4,5 persen), Agus Harimurti Yudhoyono (2,7 persen), Tri Rismaharini (1,6 persen), Erick Thohir (1,3 persen), Mahfud MD (1,2 persen), Puan Maharani (1,1 persen), dan Susi Pudjiastuti (1,0).

Nama-nama lain kurang dari 1 persen, sisanya tidak tahu/ tidak menjawab 19,8 persen. Secara umum, faktor kinerja dan kepemimpinan yang merakyat serta terukur menjadi kunci keberhasilan Ganjar dan Kang Emil dalam meraih dukungan publik.

Baca juga : Pasar Tanah Abang Dibuka, Rupiah Bergairah

"Sebaliknya, sosok seperti Anies tertinggal karena kinerjanya dinilai tidak konkret dan terjebak dalam narasi belaka, tanpa realisasi nyata di lapangan,” ungkapnya.

Survei New Indonesia Research & Consulting dilakukan pada 8-18 Juni 2020, dengan jumlah responden 1200 orang. Metode survei dilakukan melalui sambungan telepon terhadap responden yang dipilih secara acak. Margin of error survei sebesar ±2,89 persen dan pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Baca juga : Anies, Ganjar dan Emil Tenggelamkan Prabowo

Ihwal ketatnya elektabilitas kepala daerah menuju Pilpres 2024 ini dianggap percuma jika regulasi tidak memberikan ruang besar untuk kandidat Pilpres. Presidential threshold yang saat ini masih di angka 20 persen. Tanpa dukungan parpol besar, sulit bagi seorang tokoh maju sebagai kandidat.

Jika Pemilu 2024 masih menggunakan aturan lama, maka capres yang akan muncul nanti masih soal faksi Jokowi dan non-Jokowi. [BSH]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.