Dark/Light Mode

Tito Perintahkan Pemda Segera Dicairkan Dana Pilkada 

Jumat, 3 Juli 2020 16:08 WIB
Mendagri Tito Karnavian (Foto: Istimewa)
Mendagri Tito Karnavian (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Mendagri Tito Karnavian meminta Pemerintah Daerah (Pemda) yang menggelar Pilkada 2020 segera mencairkan seluruh anggaran pilkada. Sebab, tahapan-tahapan pilkada akan terus berlanjut.

"Paling lambat minggu depan harus sudah dicairkan. Karena mulai 15 Juli nanti sudah mulai dilaksanakan tahapan pemutakhiran data oleh KPU di daerah masing-masing," tegas Tito usai memberikan arahan pada rapat koordinasi kesiapan pelaksanaan Pilkada Serentak 2020 untuk Sumatera Utara, di Medan, Jumat (3/7), seperti dikutip Antara.

Baca juga : Nasir Djamil Minta Polisi Segera Selesaikan Kasus Dugaan Pemalsuan Label SNI

Rapat koordinasi tersebut juga dihadiri Menko Polhukam Mahfud MD, Gubernur Sumut Edy Rahmayadi, Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah, dan sejumlah tokoh lainnya.

Tito juga menyampaikan, anggaran untuk pelaksanaan Pilkada 2020 se-Indonesia telah ditransfer oleh Kementerian Keuangan. Totalnya sekitar Rp 960 miliar untuk KPU dan sekitar Rp 457 miliar untuk Bawaslu.

Baca juga : Gredu Perkenalkan Pembelajaran Jarak Jauh

Diharapkan, dengan adanya dukungan dana dari Pemerintah Pusat dan Pemda, pelaksanaan pilkada serentak dapat berjalan dengan baik sebagaimana yang diharapkan. "Sekarang, bagaimana agar dalam pilkada nanti partisipasinya tinggi dan untuk itu tentunya butuh dukungan kita semua," kata Tito.

Ia juga menyampaikan, protokol kesehatan harus tetap menjadi prioritas dalam pelaksanaan pilkada serentak tersebut. Baik pemilih, petugas pelaksana, maupun petugas pengamanan. "Kita menyadari pandemi Covid-19 sangat berdampak pada tahapan pilkada dan protokol kesehatan nantinya harus tetap menjadi prioritas dalam berbagai tahapan pilkada termasuk saat pencoblosan," katanya. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.