Dark/Light Mode

Disampaikan kepada Saingan Gibran

Di Istana, Jokowi Umumin Anaknya Calon Wali Kota Solo

Jumat, 17 Juli 2020 06:44 WIB
Presiden Jokowi bersama Gibran Rakabuming Raka saat menyalami warga di depan Istana Negara, 20  Oktober 2019 (Foto: Istimewa)
Presiden Jokowi bersama Gibran Rakabuming Raka saat menyalami warga di depan Istana Negara, 20 Oktober 2019 (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Setelah lama ditunda, akhirnya PDIP mengajukan Gibran Rakabuming Raka sebagai calon Wali Kota Solo. Presiden Jokowi sendiri langsung mengumumkan pencalonan anaknya ini ke Achmad Purnomo, Wakil Wali Kota Solo yang awalnya direkomendasikan PDIP Solo sebagai calon Wali Kota Solo.

Hari ini, rencananya, PDIP bakal mengumumkan nama calon yang diusung di Pilkada 2020 untuk Solo, Pekalongan, Wonosobo, dan Sukoharjo. Sehari sebelum pengumuman, beredar foto daftar calon kepala daerah yang direkomendasikan. Dalam daftar tersebut tertera nama Gibran Rakabuming Raka. Gibran dipasangkan dengan Sekretaris DPC PDIP Solo Teguh Prakosa.
 
Ketua DPC PDIP Kota Solo FX Hadi Rudyatmo, saat dikonfirmasi soal ini kemarin, meminta awak media menunggu pengumuman resmi dari DPP PDIP yang akan disampaikan secara virtual hari ini. Ia mengaku telah mendapat undangan untuk hadir di Kantor DPD PDIP Jawa Tengah, di Semarang. Selain dia, Sekretaris dan Bendahara DPC Solo juga ikut diundang ke Semarang. Selain pengurus, Gibran dan Teguh pun turut diundang.
 
Apakah Gibran-Teguh yang akan diusung? Rudy mengaku sudah mendapat salinan surat rekomendasi dari DPP. Dalam daftar tersebut, memang ada nama Gibran dan Teguh. Hanya saja dia tidak tahu siapa yang akan diusung jadi calon wali kota dan calon wakil wali kota. "Soal siapa yang dapat rekomendasi, ya, menunggu pengumumannya," kata Wali Kota Solo tersebut. Sedangkan Achmad Purnomo, yang selama ini menjadi pesaing Gibran, tidak menerima undangan.

Sebagai kader, Rudy akan mendukung calon yang direkomendasi Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Rekomendasi itu harus dikawal menjadi kemenangan. Ia menyebut, mesin partai siap untuk dipanaskan kembali untuk memenangkan Pilkada Solo 2020. "Apalagi kemarin habis Pilpres. Jadi, mesin partai saya siap," kata Rudy.

Baca juga : Bagai Petir Di Siang Bolong, Netizen Banyak Yang Nolak

Surat undangan pengumuman ini juga sudah sampai ke tangan Gibran. "Tadi undangan sudah diserahkan Pak Franky ke saya," kata Gibran melalui pesan tertulisnya ke wartawan, kemarin. Franky yang dimaksud adalah petugas dari DPC PDIP Solo.

Gibran tak memberikan penjelasan lebih lanjut mengenai rekomendasi DPP PDIP itu. Pemilik catering Chilli Pari ini hanya meminta doa agar urusannya dilancarkan. "Saya mohon doanya aja agar semua dilancarkan. Matur nuwun (terima kasih)," lanjut Gibran.

Teguh Prakosa juga mengaku sudah mendapat undangan dari DPP untuk datang ke DPD PDIP Jateng. "Ya, kita tunggu bukti resminya besok siang," kata mantan Ketua DPRD Solo ini.  

Baca juga : Aturan Corona Banyak Diakali

Pengumuman ini rencananya akan dihadiri Megawati Soekarnoputri via virtual dari DPP PDIP Jakarta. Para calon yang akan diberikan rekomendasi diminta berkumpul di kantor DPD PDIP di masing-masing daerah. Mereka akan menerima rekomendasi di kantor DPD daerah masing-masing.
 
Berbeda dengan Rudy, Gibran dan Teguh, Wakil Wali Kota Solo Achmad Purnomo memastikan Gibran sebagai calon Walikota Solo. Purnomo mengaku, kemarin dipanggil Jokowi ke Istana. "Tadi saya diberitahu Jokowi di Istana kalau yang dapat rekomendasi itu Gibran-Teguh, Gi-Guh," kata Purnomo, kemarin.

Menurutnya, Jokowi membicarakan hal tersebut sebagai utusan dari DPP PDIP. "Pak Jokowi mengatakan itu sebagai utusan dari DPP," ujarnya.

Purnomo tidak sedih meski dia sudah dicalonkan PDIP Solo. Dia sudah menduga Gibran yang akan dicalonkan. Dia juga memastikan tak akan mencalonkan diri dari partai lain. [BCG]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.