Dark/Light Mode

Elektabilitas Prabowo Naik Turun

Elite Gerindra Tidak Mau Ambil Pusing dan Baper

Jumat, 24 Juli 2020 06:37 WIB
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (Foto: Tangkapan layar/Instagram Gerindra)
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (Foto: Tangkapan layar/Instagram Gerindra)

RM.id  Rakyat Merdeka - Elektabilitas Prabowo Subianto di berbagai lembaga survei nasional mengalami naik turun. Elite Partai Gerindra ogah ambil pusing dengan kondisi tersebut.

Juru bicara Partai Gerindra Habiburrokhman mengatakan, naik turunnya elektabilitas pada seorang tokoh adalah hal yang biasa. “Kami nggak mau berlebihan dalam merespons hasil survei. Yang namanya survei ada naik, ada turun, bisa aja. Kemarin indikator sebut Pak Prabowo turun, tapi hari ini Charta Politika sebut tetap teratas, ya kami nggak ambil pusing,” ungkap Habiburrokhman kepada Rakyat Merdeka, kemarin. 

Hasil survei yang dilakukan Indikator Politik Indonesia memperlihatkan elektabilitas Prabowo mengalami penurunan dibandingkan elektabilitas pada survei yang dilakukan Februari dan Mei 2020. Elektabilitas Prabowo kini di angka 13,5 persen. Disalip oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo 16,2 persen. 

Baca juga : Ciut Dengan Gerindra-PDIP, PKS Mau Dukung Petahana

Tapi, hasil berbeda terlihat dari survei Charta Politika. Hasilnya, Prabowo masih tertinggi dengan 17,5 persen disusul Ganjar Pranowo (15,9 persen) dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (15 persen). 

Menurut Habiburrokhman, naik turun elektabilitas tokoh dalam lembaga survei itu biasa. Karenanya, Gerindra tidak mau baper (bawa perasaan). “Apalagi ini pemilu masih lama banget. Lebih baik konsentrasi memaksimalkan tugas Pak Prabowo sebagai Menhan agar mendatangkan manfaat sebesar-besarnya kepada bangsa dan negara,” katanya. 

Disinggung mengenai Pilpres 2024, anggota Komisi III DPR ini menegaskan pemilu masih jauh. Partai Gerindra belum ada pembicaraan ke sana. “Terus terang kami belum ada hitung-hitungan soal 2024. Pak Prabowo mau maju lagi atau tidak belum ada arahannya,” dia menegaskan. 

Baca juga : Gerindra Pastikan Tidak Ambil Langkah Hukum

Namun demikian, proses pembangunan partai terus berjalan. Hal senada juga disampaikan Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad. Dia cuek dengan hasil yang diungkapkan berbagai lembaga survei terkait dengan elektabilitas Prabowo Subianto. “Apapun hasil surveinya, ya silakan saja kami pikir tetap Pak Prabowo akan fokus pada tugas yang diemban saat ini,” ujarnya. 

Ditegaskan Dasco, Prabowo sedang tidak fokus mencitrakan diri dan meningkatkan elektabilitas. “Prabowo pada saat ini justru konsentrasi untuk melaporkan kerja. Kerja bagi rakyat sebagai menteri pertahanan,” kata Dasco. 

Soal apakah Prabowo akan maju lagi pada Pilpres 2024, Dasco enggan menanggapi banyak. Soal itu masih jauh. “Pada saat ini kami sedang fokus tingkatkan elektabilitas Partai Gerindra. Kan dilihat dari survei elektabilitas partai meningkat dan Alhamdulillah itu hasil kerja keras kader kami dari akar rumput dan di daerahdaerah sampai ke tingkat pusat,” ungkapnya. [REN]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.