Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Supaya Tak Ketinggalan Gerbong di Pemilu 2024

Amien Rais Disaranin Cepat Deklarasikan Partai Barunya

Minggu, 2 Agustus 2020 07:31 WIB
Amien Rais (Foto: Instagram/amienraisofficial)
Amien Rais (Foto: Instagram/amienraisofficial)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kabar pembentukan partai sempalan PAN yang digawangi Amien Rais kembali kencang. Jika benar adanya, eks Ketua MPR itu disaranin segera deklarasi.

Hal itu disampaikan pengamat politik Rico Marbun kepada Rakyat Merdeka, kemarin. Menurutnya, Amien Rais Cs harus segera mendeklarasikan partai barunya. Sebab, persiapan untuk melengkapi syarat administrasi dan verifikasi faktual semakin mepet. 

Baca juga : Biden Serius Perjuangkan Kemerdekaan Palestina?

“Harus sekarang, tidak ada waktu lagi. Kan tahun 2022 ada verifikasi faktual di KPU yang harus diikuti oleh partai politik jika ingin menjadi partai politik peserta Pemilu 2024. Harusnya Pak Amien mulai dari sekarang, empat bulan lagi 2020 selesai,” ujar Rico. 

Jika Amien Rais telat mendeklarasikan partai barunya, Rico khawatir, akan ketinggalan gerbong untuk jadi peserta Pemilu 2024. Jadi, saat ini yang lebih penting adalah memulai sosialisasi ke masyarakat sekaligus mempersiapkan persyaratan yang harus dipenuhi. “Potensi untuk tidak berhasil akan semakin tinggi jika memulainya terlambat. Semakin cepat semakin baik,” katanya. 

Baca juga : Kepengurusan PSMS Medan di Bawah Pimpinan Adi Saputra Dapat Dukungan Pengusaha Medan

Dilanjutkan Rico, kalaupun nantinya partai baru Amien Rais ini benar-benar terbentuk, maka secara otomatis akan menggerogoti suara PAN. Secara logika, kata dia lagi, partai baru akan mengambil pangsa pasar dari induknya. Apalagi, yang keluar bukan tokoh sembarangan. “Amien ini tokoh utama. Kalau data survei alasan karena memilih PAN karena Amien cukup tinggi sekali,” jelasnya. 

Belum lagi, di internal PAN juga banyak loyalis Amien Rais. Hal itu terlihat ketika di Kongres terakhir. Pendukung Amien Rais tidak jauh berbeda dengan pendukung Zulkifli Hasan. “Kemenangan kubu Zulkifli tidak full. Tidak dominan. Itu kan secara elite Amien masih banyak pendukungnya. Secara grassroot juga tidak boleh dianggap enteng. Intinya, Amien bisa membawa, menggaet pemilih tradisional PAN, kalau benar partai baru jadi dideklarasikan,” katanya. 

Baca juga : Penyegaran, Yusril Bakal Pilih Pengurus Partai yang Mau Kerja

Sebelumnya, loyalis Amien Rais, Agung Mozin, mengungkapkan, pembentukan partai baru semakin serius. Eks Ketua DPP PAN itu mengatakan, untuk nama dan logo partai baru Amien masih dalam pembahasan. “Mars lagu juga kita sedang susun. Terus terang memang orang-orang yang berada sama Pak Amien saat ini adalah yang memang secara ideologis satu pikiran dan meyakini bahwa suatu saat kita akan menjadi pemenang di dalam perjuangan politik ini,” ungkapnya. 

Agung menuturkan, tekad Amien sudah bulat untuk membentuk partai baru. Menurutnya, partai-partai politik yang ada saat ini sudah tidak bisa lagi diharapkan mewakili kepentingan masyarakat. Sebab, sebagian besar parpol sekarang sudah menjadi bagian dari rezim kekuasaan atau sudah dikooptasi oleh kekuasaan. “Termasuk PAN, jadi kita sudah bulat membentuk (partai baru) itu,” katanya. [REN]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.