Dark/Light Mode

Prediksi Pengamat

Bakal Terjadi Jebol Desa Di Tubuh PAN

Selasa, 15 September 2020 07:00 WIB
Rico Marbun. (Foto Istimewa)
Rico Marbun. (Foto Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pendiri Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais kelihatannya serius menggarap lahirnya partai baru. Jika benar partai baru ini dideklarasikan, bakal terjadi jebol desa di PAN.

Prediksi itu diungkapkan Direktur Eksekutif Lembaga Survei Median, Rico Marbun kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

“Jika partai ini lolos di Menkumham dan KPU sangat mungkin akan terjadi eksodus kader atau jebol desa dari PAN. Pak Amien bisa menjadi magnet baru,” ungkap Rico.

Baca juga : DPR Apresiasi Peningkatan Kualitas Kerja Eselon I Kementan

Kalau pun terjadi, bisa saja partai baru yang dibangun oleh Amien Rais dan para loyalis PAN akan mengubur partai yang saat ini dikomandoi oleh Zulkifli Hasan.

Rico pun mencontohkan ketika PDI pecah. Lalu, Megawati mendirikan partai baru yang diberi nama Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Hasilnya, PDIP yang mengukur PDI. Juga Partai Nasdem dan Partai Gerindra yang membuat suara Partai Golkar mengecil. Bahkan, sejak reformasi Partai Golkar tidak bisa melampaui suara seperti di zaman Orde Baru.

Baca juga : Profesor Indonesia Raih Penghargaan Dosen Terbaik di Jerman

“Artinya, sedikit atau banyak pasti ada pengaruhnya jika Pak Amien benar mendirikan partai baru,” katanya.

Dalam sejarahnya, sambung Rico, kalau partai baru tumbuh dari rumpun yang sama itu pasti ada pengaruh dan mengurangi suara dari induknya.

Tantangan yang saat ini dihadapi oleh Amien Rais adalah keseriusan untuk mendeklarasikan partainya. Syukur-syukur bisa membuktikan dengan lolos di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) sebagai partai politik yang diakui oleh pemerintah dan lolos di KPU.

Baca juga : Seleksi CPNS 2019 Bakal Mematuhi Protokol Kesehatan

“Pak Amien Rais harus buktikan lolos regulasi yang sangat berat,” jelasnya. Sebelumnya, Amien Rais mengungkapkan dirinya akan mendirikan sebuah partai politik baru yang memiliki asas Islam Rahmatan Lil’alamin.

“Islam melarang diskriminasi atas dasar apa pun,” ujar Amien. Sedangkan partai tersebut akan memiliki semboyan, “Lawan kezaliman, tegakkan keadilan”.

Lewat semboyan itu, dia ingin agar lapisan masyarakat dhuafa dan mustadh’afin merasakan masa depan yang cerah, adil dan egaliter. “Lebih etis, pendek kata lebih baik dari situasi, kondisi kita sekarang ini,” ujar mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah itu. [REN]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.