Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Jelang Muktamar PPP, Kader Desak Jadwal Mukernas Dipercepat

Rabu, 23 September 2020 09:05 WIB
Ketua DPP PPP Arman Remy (Foto: Istimewa)
Ketua DPP PPP Arman Remy (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Muktamar PPP diperkirakan digelar Januari 2021. Namun, untuk menentukan tempat dan waktu Muktamar, harus dibahas melalui forum Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas). 

Karena itu, Ketua DPP PPP Arman Remy mendesak jadwal Mukernas PPP dipercepat supaya bisa menentukan pelaksanaan Muktamar. “Pembentukan panitia Muktamar itu melalui Mukernas. Nah, di Mukernas inilah yang menentukan tempat dan tanggal Muktamar. Di dalam AD/ART PPP demikian,” ujar Arman kepada Rakyat Merdeka, kemarin. 

Baca juga : Banyak Stok, Muqowwam Dukung Kader dari Internal

Kalau bisa, desak Arman, Mukernas digelar secepatnya atau paling lambat Desember 2020 sudah terselenggara. Jika itu sudah dilaksanakan, maka ada waktu satu bulan bagi panitia mempersiapkan segala hal yang berkaitan dengan Muktamar. Dia yakin, dengan pengalaman yang panjang dan personel yang ada, waktu satu bulan yang diberikan cukup untuk mempersiapkan semuanya. 

Menurut Arman, Muktamar PPP memang harus dilakukan karena masa kepengurusan akan berakhir April 2021. “Tidak bisa ditunda-tunda lagi,” cetusnya. 

Baca juga : Muktamar PPP Bakal Digelar Januari 2021

Sebenarnya, Arman juga berharap Muktamar PPP digelar secepatnya atau setidak-tidaknya Januari 2021. Supaya ada kepastian hukum. Saat ini ketua umum sifatnya Plt (pelaksana tugas). “Kita ingin ketum yang bukan Plt sehingga punya legal formal dan membuat pengurus PPP semakin pede,” ujar dia. 

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal PPP Arsul Sani mengungkapkan, Muktamar PPP kemungkinan akan digelar Januari 2021. “Muktamar akan dilaksanakan setelah pilkada, yakni kemungkinan di awal Januari 2021,” ungkap Arsul. 

Baca juga : Mendes Pede Desa Bakal Jadi Role Model Pembangunan Internasional

Keinginan untuk menggelar Muktamar PPP dipercepat adalah untuk mempersiapkan diri menghadapi agenda politik di masa depan, seperti tahapan verifikasi di Pemilu 2024. Sebelum menggelar Muktamar, Arsul juga menyarankan terlebih dahulu digelar Mukernas lagi. Mukernas yang akan menentukan jadwal pastinya Muktamar PPP. 

Diakui Arsul, Muktamar merupakan suatu keharusan untuk membenahi partai ke depan. Yang lebih menggembirakan lagi adalah, sikap Plt Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa juga sangat mendukung pelaksanaan Muktamar dipercepat. Terkait wacana Muktamar secara virtual karena situasi masih pandemi Covid-19, dijelaskan Arsul, pelaksananan Muktamar secara virtual akan memunculkan masalah baru bagi PPP. [REN]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.