Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Soal Lahan, Adik Prabowo Nunjuk Luhut

Selasa, 12 Maret 2019 07:55 WIB
Adik Capres 02 Prabowo Subianto, Hashim Djojohadikusumo. (Foto: Istimewa)
Adik Capres 02 Prabowo Subianto, Hashim Djojohadikusumo. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Urusan lahan milik orang-orang kaya memanas lagi. Adik Prabowo, Hashim Djojohadikusumo tak terima kakaknya terus-terusan disudutkan terkait persoalan itu. "Lahan milik Luhut, jauh melebihi yang dimiliki Pak Prabowo," kata Hashim.

Hashim mengungkapkan hal itu saat diitemui di Kantor KPU, Jakarta, Senin (11/3). Dia bilang, kepemilikan lahan kubu Jokowi jauh lebih banyak dari milik Prabowo. Sejumlah nama pun disebut. "Di tim Pak Jokowi lebih banyak lagi pemilik lahan, ya nggak? Lahan milik Pak Luhut, Pak Harry Tanoe, Pak Erick Thohir jauh melebihi yang dimiliki Pak Prabowo," ujarnya dengan nada agak tinggi.

Baca juga : Prabowo Ngigau Lagi

Hashim pun kembali menegaskan, lahan hak guna usaha (HGU) milik Prabowo diperoleh sesuai UU Tahun 2004. Wapres JK pun sudah mengaku sebagai orang yang memberikan izin HGU lahan itu.

"Pak JK sudah tahu dan merestui itu juga. Pak JK itu wapresnya Pak Jokowi," seloroh Direktur Komunikasi dan Media BPN Prabowo-Sandi itu. Hashim memastikan, isu itu tak akan berpengaruh pada elektabilitas Prabowo. Dalam beberapa survei internal Koalisi Adil Makmur, elektabilitas Prabowo-Sandiaga berada di atas Jokowi-Maruf. "Kami terus bergerak intensif ke rakyat dan akar rumput," tandasnya.

Baca juga : Politisi PKB: Kebohongan Kubu Prabowo Stadium 4

Sebelumnya, tudingan soal kepemilikan lahan di tim Jokowi sudah lebih dulu diungkapkan Wakil Ketua Dewan Penasihat BPN Hidayat Nur Wahid di DPR, Senin (25/2). Hidayat menyebut nama Erick dan Luhut. "Kan di sekitar beliau (Jokowi) ternyata ada Pak Erick Thohir, yang ternyata menguasai konsesi lahan, yang jauh lebih banyak daripada Pak Prabowo, kemudian juga Pak Luhut Binsar Panjaitan," ujarnya.

Dikutip dari Koran Tempo Edisi Selasa (19/2), nama Luhut dikaitkan dengan penguasaan 15.721,21 hektar tanah di Kutai Kartanegara. Menko Kemaritiman ini disebut-sebut berhubungan dengan lahan tambang seluas 683 hektar melalui PT Indomining, anak usaha PT Toba Bara Sejahtera Tbk.

Baca juga : Amien Anggap Hasto Nyamuk

Selanjutnya, Luhut juga disebut menguasai 8.634,21 hektar lahan sawit melalui PT Perkebunan Kaltim Utama, 2.990 hektar lahan tambang melalui PT Adimitra Baratama Nusantara, serta 3.414 hektar lahan tambang melalui PT Trisensa Mineral Utama.

Masih menurut Tempo, penguasaan lahan juga dilakoni sejumlah politikus dan pengusaha yang berada di lingkaran Jokowi. Jika ditotal, lahan korporasi yang terhubung langsung dengan TKN Jokowi-Maruf dan tim bayangan pendukungnya, melampaui 140 ribu hektar.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.