Dark/Light Mode

Jauh Dari Harapan Masyarakat

Loyalis AHY Soroti Kinerja Anies Baswedan

Sabtu, 28 November 2020 12:10 WIB
Ketua Fraksi Partai Demokrat DPRD DKI, Desie Christhyana Sari. (Ist)
Ketua Fraksi Partai Demokrat DPRD DKI, Desie Christhyana Sari. (Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kinerja Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mendapatkan sorotan tajam sepanjang 2020. 9 bulan ibukota dilanda pandemi Covid-19, kiprah gubernur yang diusung PKS dan Gerindra ini dinilai jauh dari harapan masyarakat.

Adalah Ketua Fraksi Partai Demokrat DPRD DKI, Desie Christhyana Sari yang meminta agar pada 2021, kinerja pemda harus ditingkatkan khususnya di tiga bidang, pada bidang ekonomi, kesehatan dan pelayanan masyarakat.

"Ada tiga persoalan yang menjadi perhatian kami dalam hal kinerja gubernur Anies sepanjang tahun 2020. Kedepan perlu ada perbaikan dan peningkatan di tiga bidang tersebut ," ujar anggota Komisi B DPRD DKI itu, kepada wartawan di Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Sabtu (28/11).

Baca juga : Ajak Masyarakat Nyoblos, Pemain Sinetron Ini Bikin Pantun Pilkada

Loyalis AHY yang sudah duduk dua periode menjadi anggota DPRD DKI Jakarta itu mengungkapkan khusus di bidang ekonomi. Pemda DKI dinilai kurang melakukan sosialisasi dalam program penyaluran bantuan pinjaman pada pedagang UKM di DKI.

Kecenderumganya, sosialisasi yang idealnya dilakukan secara masif. Kenyataan di lapangan, informasi adanya program bantuan di masyarakat hanya terbatas pada orang-orang tertentu.

"Dampak yang dirasakan oleh pelaku UKM, bantuan pinjaman modal itu jadi tidak merata dirasakan oleh para pedagang yang terkendala modal usaha di masa pandemi sekarang ini," sesalnya.

Baca juga : Presiden Puji Kinerja Satgas Tangani Covid

Di bidang kesehatan, Desie menyoroti lemahnya sosialisasi yang dilakukan oleh pihak Puskesmas terhadap pencegahan penyebaran virus Covid-19.

"Saat ini Jakarta dilanda musim hujan. Seperti biasanya sejumlah penyakit pun pasti akan mengancam masyarakat, seperti DBD, Tipes. Belum lagi, pandemi Covid -19 yang belum usai. Sudah tentu peranan dinas kesehatan untuk menanggulangi persoalan kesehatan masyarakat harus ditingkatkan," bebernya.

Sementara, dalam hal pelayanan. Desie pun mencatat masih jauh dari harapan. Satgas Covid-19 yang seharusnya berada di garda terdepan dalam mensosialisasikan bahaya Covid-19 dan pencegahannya.

Baca juga : Positif Covid-19, Cagub Kalteng Sugianto Sabran Minta Masyarakat Jaga Protokol Kesehatan

Temuan di lapangan, dirasakan anggota DPRD yang terpilih dari dapil Jakpus itu tidak berfungsi sesuai harapan.

"Satgas Covid-19 yang sudah dibentuk hingga tingkat RW dan RT tidak efektif. Salah satu contoh yang terjadi di Kelurahan Pegangsaan. Malah dewan kota yang pro aktif dalam mensosialisasikan bahaya dan pencegahan Covid-19,"tutupnya. [EDY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.