Dark/Light Mode

Menterinya Raih Predikat Tertinggi KIP

NasDem Juga Perlu Dengar Suara Rakyat

Kamis, 3 Desember 2020 05:58 WIB
Menterinya Raih Predikat Tertinggi KIP NasDem Juga Perlu Dengar Suara Rakyat

RM.id  Rakyat Merdeka - Partai Nasional Demokrat (NasDem) boleh berbangga atas penghargaan yang diterima tiga menterinya di Kabinet Indonesia Maju oleh Komisi Informasi Pusat (KIP). Tapi jangan percaya diri dulu. Ingat, rakyat juga punya penilaian.

Tiga menteri dari NasDem itu adalah Menteri Komunikasi dan Informasi (Menkominfo) Jhonny G Plate, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya, dan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo.

Mereka mendapat predikat tertinggi dalam hal keterbukaan informasi publik atas hasil monitoring dan evaluasi (Monev) versi KIP sepanjang tahun 2020.

Ketua Bidang Media dan Komunikasi Publik DPP Partai NasDem, Charles Meikyansah menjelaskan, klasifikasi tertinggi dalam ajang Monev 2020 ini adalah Klasifikasi Informatif.

Baca juga : Wagub DKI: Nggak Usah Pergi Jauh, Tolong Di Rumah Saja

Yakni badan publik yang seluruhakumulasi nilai untuk seluruh tahapan Monev-nya mendapatkan nilai lebih besar atau sama dengan 90.

“Kami sangat bersyukur, bangga, dan mengapresiasi capaian itu,” ujar Charles, di Jakarta, kemarin.

Menurutnya, prestasi ini sangat baik dan membantu kinerja pemerintahan Jokowi-Kiai Ma’ruf Amin berjalan maksimal.

Bahkan, kata dia, Kementerian Pertanian di bawah komando Syahrul Yasin Limpo untuk pertama kalinya meraih skor 97,99 persen, menggeser posisi Kementerian Keuangan yang selama ini selalu di posisi pertama.

Baca juga : Puti Semangati Kader Banteng Di Surabaya

Menurut Charles, Partai NasDem berharap prestasi ini akan menjadi penyemangat para menteri yang bertugas untuk terus bekerja demi kepentingan rakyat.

“Semoga predikat ini dapat dipertahankan setiap tahun,” ujarnya.

Charles menjelaskan, keterbukaan informasi publik oleh badan publik negara dijamin konstitusi, seperti Undang- Undang Dasar 1945 dan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

Menanggapi hal itu, Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR) Ujang Komaruddin menilai, wajar saja parpol merasa senang ada kadernya yang berprestasi.

Baca juga : Namanya Dicatut Di Pilgub Kalteng, Indikator Kasih Kesempatan Pelaku Minta Maaf

Namun, penghargaan yang paling utama berasal dari rakyat. “Itu kan penilaian lembaga lain. Penilaian rakyat kan lain lagi,” ujar Ujang kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Menurutnya, kinerja pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Amin masih terus disorot. Rakyat, masih belum puas terhadap kinerja para menteri di Kabinet Indonesia Maju. [BSH]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.