Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Nama Calon Mensos Sudah Dikantongi Jokowi

PDIP Pede Kadernya Dipilih

Senin, 14 Desember 2020 07:01 WIB
Ketua DPP PDIP, Hendrawan Supratikno. (Foto: Istimewa)
Ketua DPP PDIP, Hendrawan Supratikno. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Usai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan Juliari P. Batubara sebagai tersangka kasus dugaan korupsi penerimaan fee atas bantuan sosial untuk penanganan Covid-19, kursi Menteri Sosial (Mensos) kosong. Kabar terbaru, ada enam nama yang diajukan untuk posisi itu. 

“Ada enam nama yang beredar, tapi kan saya tidak bisa mengungkapkan ke publik. Tidak etis,” ungkap Ketua DPP PDIP Hendrawan Supratikno saat dihubungi Rakyat Merdeka, kemarin.

Enam nama yang beredar tersebut, sebagian besar berasal dari internal PDIP. Ada juga yang menjabat anggota DPR, termasuk nama dari eksternal. Yang pasti, nama-nama yang masuk radar mempunyai jam terbang tinggi dan pengalaman.

Baca juga : Jokowi Murka

Sampai saat ini, enam nama calon Mensos itu kemungkinan sudah diserahkan kepada Presiden Jokowi untuk dilihat track record, kapasitas dan kapabilitasnya menduduki kursi orang nomor satu di Kementerian Sosial (Kemensos).

“Semuanya sudah di kantong Presiden. Tergantung beliau yang menentukan,” ucap Hendrawan.

Dia yakin, jabatan Mensos akan diberikan ke PDIP lagi. Baginya, kebijakan memberikan kursi Mensos ke Banteng bagian dari fatsun politik.

Baca juga : Jokowi Sedih, Rakyat Sedih

“Kalau satu menteri bermasalah lalu diganti dengan kader dari satu partainya itu fatsun politik. Supaya keseimbangan tetap terjadi,” katanya.

Begitupun dengan kursi Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) yang ditinggalkan Edhy Prabowo karena kesandung kasus dugaan korupsi suap izin ekspor benih lobster (benur). Hendrawan yakin kursi Menteri KP tetap diberikan kepada Partai Gerindra.

Permasalahannya, apakah saat ini Prabowo Subianto sebagai Ketua Umum Partai Gerindra sudah menyiapkan penggantinya atau belum. “Tapi ya kalau dilihat pasti sudah ada di kantong Prabowo,” katanya.

Baca juga : PDIP Pede Juara Di Depok

Menurut dia, sikap PDIP dan Gerindra yang mempersiapkan tokoh atau kader untuk pengganti Juliari Batubara dan Edhy Prabowo hal yang wajar.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Arsul Sani mengusulkan kepada Presiden Jokowi segera memilih orang untuk mengisi jabatan Mensos dan Menteri KP secara definitif. Pengisian dua pos menteri ini sekaligus menjadi ruang untuk reshuffle kabinet. [REN]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.