Dark/Light Mode

Penjelasan PDIP Soal Jaket Biru Menteri Baru: Supaya Tak Berubah Jadi Rompi Oranye

Rabu, 23 Desember 2020 12:39 WIB
Politisi PDIP Deddy Yevri Sitorus (Foto: Istimewa)
Politisi PDIP Deddy Yevri Sitorus (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Politisi PDIP Deddy Yevri Sitorus berharap, para menteri baru yang dilantik Presiden Jokowi hari ini (Rabu, 23/12) dapat segera bekerja bersama Kabinet Indonesia Maju. Deddy menegaskan, memastikan para menteri baru bisa segera bekerja jauh lebih penting ketimbang mempermasalahkan jaket biru yang dikenakan mereka saat diperkenalkan Presiden Jokowi.

“Kita semua tentu berharap para menteri dan wakil menteri yang baru dilantik bisa segera menyesuaikan ritme dan bekerja cepat di tengah tantangan besar akibat pandemi Covid-19 seperti saat ini,” kata Deddy, di Jakarta, Rabu (23/12).

Baca juga : Genjot Program Sejuta Rumah, Menteri Basuki Rombak Pejabat Perumahan

Saat dikenalkan kepada publik, enam figur yang ditunjuk Presiden Jokowi menjadi menteri mengenakan kemeja putih dan jaket biru. Termasuk Wali Kota Surabaya sekaligus Ketua DPP PDIP Tri Rismaharini alias Risma.

Eks Kepala Kantor Rumah Aspirasi 01 itu menilai, jaket biru yang dikenakan para mereka tidak perlu dipolitisir, meski Risma merupakan kader PDI Perjuangan yang identik dengan warna merah. “Biru dipilih mungkin karena warnanya yang segar, semangat, bisa bekerja tenang saat krisis pandemi dan ekonomi seperti saat ini. Agar teguh dan kompak,” duga Deddy.

Baca juga : Pakai Jaket Biru Muda, Menteri Baru Siap Kerja Kapan Saja

Anggota Komisi VI DPR juga menduga, warna biru dipilih untuk mengingatkan para menteri baru itu, agar selama bekerja tidak berubah menjadi rompi oranye. "Artinya harus bersih dan tidak korupsi,” sambung wakil rakyat dari Daerah Pemilihan Kalimantan Utara tersebut.

Deddy melanjutkan, publik menaruh harapan besar pada para menteri yang baru dilantik Jokowi. Kehadiran para menteri baru itu diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan publik pada pemerintah dan mampu menangani pandemi Covid-19 serta dampak turunannya. “Harapan besar ini harus dijawab dengan kerja nyata yang berpihak dan bermanfaat untuk masyarakat,” ungkap Deddy. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.