Dark/Light Mode

TKN: MRT, Bukti Efektifnya Pola Kepemimpinan Jokowi

Minggu, 24 Maret 2019 12:53 WIB
Presiden Jokowi (t shirt abu-abu) memberikan sambutan dalam acara Peresmian MRT Jakarta, di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (24/3). (Foto : Dwi Pambudo/Rakyat Merdeka)
Presiden Jokowi (t shirt abu-abu) memberikan sambutan dalam acara Peresmian MRT Jakarta, di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (24/3). (Foto : Dwi Pambudo/Rakyat Merdeka)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sekian lama dinanti, akhirnya Mass Rapid Transportation atau Moda Raya Terpadu (MRT) diresmikan oleh Presiden Jokowi. Ini merupakan tonggak monumental bagi bangsa Indonesia, dalam pembangunan transportasi massal berbasis rel di Jakarta.

MRT telah dicanangkan sejak lama di era Soeharto. Ketika itu, BJ Habibie menjabat Menteri Riset dan Teknologi (Menristek). Sekian banyak Gubernur DKI Jakarta telah merencanakan pembangunan MRT ini. Namun, di era kepemimpinan Gubernur Jokowi, pembangunan MRT dimulai.

Baca juga : Kerja Satgas Antimafia Sepakbola Selaras Dengan Nawacita Jokowi

Selama 6 tahun, pembangunan MRT dilaksanakan. Presiden Jokowi memantau langsung proses pengerjaan pembangunan ini dengan detail dan seksama. Dan hari ini, Presiden Jokowi telah meresmikannya untuk fase I dari Lebak Bulus ke Bunderan HI.

"Pembangunan MRT di Indonesia sudah ketinggalan dibanding kota-kota besar di negara-negara maju lainnya di dunia. Sekalipun begitu, Presiden Jokowi telah mampu mengejar ketertinggalan kota-kota besar dunia dengan pembangunan moda transportasi publik yang nyaman dan berbasis rel yang dilengkapi berteknologi tinggi ini," ujar Juru Bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf, Ace Hasan Syadzily dalam keterangan tertulisnya, Minggu (24/3).

Baca juga : Hasto: Jokowi-Maruf Adalah Contoh Kepemimpinan Baik

Di kota-kota negara ASEAN, MRT terlebih dahulu dibangun di Singapura tahun 1987. Di Bangkok, Thailand tahun 2004. Di Kuala Lumpur, Malaysia, tahun 2017. Di level Asia, tentu Jepang yang pertama kali membangun MRT pada tahun 1927, di Tokyo. Jauh sebelumnya, di New York, Amerika Serikat, MRT telah digunakan sejak tahun 1904.

"Kini, kita patut berbangga. Di bawah kepemimpinan Presiden Jokowi, pembangunan Moda Raya Terpadu (MRT) telah diresmikan untuk fase I. Ini merupakan prestasi yang membanggakan, bukan saja untuk rakyat Jakarta. Namun juga untuk Indonesia," tutur Ace.

Baca juga : JK Instruksikan Awasi Masjid, Haram Kampanye

Sebelumnya, pemerintahan Jakarta telah mencanangkan berbagai moda transportasi publik yang bermacam-macam. Di era Gubernur Sutiyoso, ada busway, Gubernur Fauzi Bowo sempat mencanangkan program Monorail, dan di era Jokowi-Ahok mencanangkan MRT dan LRT. MRT fase 1 selesai tahun 2019. Sedangkan kereta ringan LRT, hingga saat ini masih dikerjakan.

Lalu, apa yang membuat program infrastruktur ini dapat diselesaikan? "Kuncinya ada pada pola kepemimpinan Jokowi yang efektif," jawab Ace.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.