Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Elektabilitas Meroket

Demokrat Klaim Sukses Koalisi Dengan Rakyat

Rabu, 30 Desember 2020 07:20 WIB
Ketum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). (Foto: Twitter)
Ketum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). (Foto: Twitter)

RM.id  Rakyat Merdeka - Partai Demokrat menyambut baik hasil survei Polmatrix Indonesia yang mencatat elektabilitasnya naik dua kali lipat. Hal ini dianggap buah konsistensi berkoalisi dengan rakyat.

“Alhamdulillah, terima kasih. Masyarakat telah melihat komitmen dan konsistensi Partai Demokrat yang terus satu hati dan nafas dengan harapan masyarakat,” ujar Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrat, Didik Mukrianto kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Kenaikan elektabilitas Partai Demokrat kali ini, ujarnya, merupakan potret kerinduan dan harapan besar masyarakat akan hadirnya kepemimpinan dan lembaga partai politik yang jujur dan nyata dalam memperjuangkan aspirasi masyarakat.

Anggota Komisi III DPR ini menceritakan, sejak Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) terpilih sebagai Ketum Partai Demokrat masa bakti 2020-2024, partainya berkomitmen dan konsisten membantu rakyat, termasuk saat ini melawan pandemi Covid-19.

Baca juga : Baznas Beri Penghargaan Kepada Organisasi Pengelola Zakat

“Dengan gerakan yang dilakukan segenap kader, mudah-mudahan akan menjadi ladang ibadah dan investasi sosial untuk kemaslahatan,” harapnya.

Hal senada disampaikan Ketua DPP Partai Demokrat, Dede Yusuf Macan Effendi. Wakil Ketua Komisi X DPR itu menilai, selama ini bakti partai kepada masyarakat dilakukan tulus berdasarkan arahan dari Ketua Umum Partai Demokrat.

Menurutnya, selama ini, Partai Demokrat bergerak selaras di luar pemerintahan sesuai instruksi dari AHY agar selalu menyuarakan suara rakyat dan membantu pemerintah mencari solusi. “Jadi, hal itulah yang akan tetap kita lakukan. Soal elektabilitas, rakyatlah nanti yang akan menilai,” katanya.

Kepala Badan Komunikasi Strategis (Bakomstra) DPP Partai Demokrat, Ossy Dermawan mengatakan, hasil survei Polmatrix Indonesia tidak akan membuat partainya berpuas diri untuk terus membantu rakyat.

Baca juga : Vaksin Berkualitas Dapat Dilihat Dari Efikasi Dan Efektivitas

“Elektabilitas Partai Demokrat meningkat dengan baik bukan semata berada di luar pemerintahan. Tapi lebih karena Partai Demokrat dan Ketua Umum AHY menjadi ‘rumah’ yang dapat memperjuangkan harapan rakyat secara tulus dan konsisten,” ujarnya.

Untuk diketahui, Polmatrix Indonesia kembali merilis hasil suvei terbaru. Kali ini, soal elektabilitas partai politik pasca reshuffle kabinet pemerintahan Joko Widodo-Ma’ruf Amin. Hasilnya, Partai Demokrat melonjak dua kali lipat, dari 3,7 persen menjadi 7,5 persen. Sontak, Partai Demokrat kini menempati posisi keempat di bawah PDI Perjuangan (PDIP), Partai Gerindra, dan Partai Golkar.

“Kenaikan elektabilitas Demokrat yang mencapai 100 persen seiring anjloknya PDIP dan Gerindra, bisa diartikan terjadinya limpahan dukungan publik, karena kecewa terhadap kasus korupsi menteri-menteri dari kedua parpol itu,” ujar Direktur Eksekutif Polmatrix Indonesia Dendik Rulianto, di Jakarta, kemarin.

Dijelaskan, survei kali ini masih ditempati PDIP di posisi puncak, namun mengalami penurunan dari 28,78 persen menjadi 25,5 persen. Gerindra tetap di posisi kedua, namun turun dari 13,9 persen menjadi 10,1 persen. Di posisi ketiga, Partai Golkar turun sedikit dari 8,4 persen menjadi 8,2 persen.

Baca juga : PDIP Klaim Sukses Singkirkan Dominasi PAN Dan Beringin

Survei Polmatrix Indonesia dilakukan pada 20-25 Desember 2020 kepada 2.000 orang responden mewakili 34 provinsi. Survei dilakukan melalui telepon terhadap responden survei sejak 2019 yang dipilih acak. Margin of error survei sebesar ±2,2 persen, dengan tingkat kepercayaan 95 persen. [BSH]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.