Dark/Light Mode

DPD Provinsi Papua

Langkah New Comer Makin Ringan Ke Senayan

Senin, 25 Maret 2019 15:57 WIB
Yorrys Raweyai (kiri) DPD dari Partai Golkar, Paulus Yohanes Sumino (tengah) dari DPD dan  Helina Murib (kanan) dari DPD. (Foto: Istimewa).
Yorrys Raweyai (kiri) DPD dari Partai Golkar, Paulus Yohanes Sumino (tengah) dari DPD dan Helina Murib (kanan) dari DPD. (Foto: Istimewa).

RM.id  Rakyat Merdeka - Empat petahana tak nyalon lagi. Empat kursi Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Provinsi Papua yang kosong jadi rebutan. Itu artinya langkah pendatang baru atau new comer makin ringan menuju Senayan.
Berdasarkan data Komisi Pemilihan Umum (KPU), ada 14 calon senator Provinsi Papua. Sedangkan 4 petahana tak nyalonlagi. Mereka adalah Pdt Charles Simaremare, Mesakh Mirin, Yanes Murib, dan Edison Lambe.

Baca juga : Lawan Tak Seimbang, Pertarungan Tak Menarik

Pdt Charles Simaremare, dipastikan maju jadi caleg DPR dari Partai Perindo. Pada Pileg 2014, Charles mampu menduduki kursi senator dengan meraih 394.138 suara. Yanes Murib meraup 259.444 suara, Edison Lambe mendulang 206.503 suara dan Mesakh Mirin dengan 297.604 suara. Dengan tak tampilnya 4 petahana ini, membuat lebih ringan langkah calon pendatang baru atau newcomer.

Baca juga : 3 Eks Bupati Dan 8 Legislator Ngantre Ke Senayan

Salah satu calon yang punya peluang untuk meraih kursi senator adalah politisi senior Partai Golkar Yorrys Raweyai. Mantan anggota DPR ini akan bersaing dengan calon baru lainnya. Dua mantan anggota DPD periode 2009-2014 Paulus Yohanes Sumino dan Helina Murib juga siap kembali menuju Senayan. Bukan itu saja, anggota DPRD Kabupaten Puncak, Ruben Uamang juga ingin ‘naik kelas’ nyalon DPD.

Baca juga : Perindo Yakin Gondol 70 Kursi Ke Senayan

Staf ahli Fraksi Partai Hanura DPRD Papua 2017-2018, Yohannes Fajar Irianto Kambon juga tertarik jadi senator di pemilu tahun ini.  Yang menarik, para pengusaha swasta tertarik juga menjadi senator dari dapil Provinsi Papua. Setidaknya ada lima pengusaha ikut bertarung. Yakni Davis Kambuaya, Dayana, Habelino Rumpi Sawaki, Yohanis Damasenus Reda dan Wilhelmus Rolo. 
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.