Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Pernyataan Ribka Disebut Kritik Atas Komersialisasi

Hasto Pastikan PDIP Dukung Program Vaksinasi Covid-19

Rabu, 13 Januari 2021 21:22 WIB
Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto (Foto: Dok. DPR)
Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto (Foto: Dok. DPR)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto menegaskan, partainya mendukung penuh program vaksinasi Covid-19 yang sedang dilakukan Pemerintah. Penegasan ini untuk meluruskan pernyataan politisi PDIP Ribka Tjiptaning yang menyatakan tak mau divaksin saat Rapat Kerja antara Komisi IX DPR dengan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Selasa (12/1).

"PDI Perjuangan memberikan dukungan penuh terhadap kebijakan Presiden Jokowi, dan sejak awal kami mengusulkan agar vaksin dapat diberikan secara gratis kepada rakyat. Apa yang dilakukan Pemerintah, termasuk vaksin perdana hari ini, merupakan bentuk kebijakan mengedepankan keselamatan rakyat, keselamatan bangsa dan negara sebagai skala prioritas tertinggi," papar Hasto, Rabu (13/1), seperti dikutip Antara

Baca juga : PB PDGI Siap Dukung Pemerintah Sukseskan Vaksinasi Covid-19

Soal pernyataan Ribka, Hasto meminta publik melihat secara utuh. Menurutnya, yang diungkapkan Ribka merupakan kritik terhadap komersialisasi kesehatan, yang menegaskan pelayanan kesehatan harus mengedepankan keselamatan masyarakat.

"Mbak Ribka Tjiptaning menegaskan agar negara tidak boleh berbisnis dengan rakyat. Jangan sampai pelayanan kepada rakyat, seperti yang nampak dari pelayanan PCR, di dalam praktik dibeda-bedakan. Bagi yang bersedia membayar tinggi, hasil PCR cepat. Sedangkan bagi rakyat kecil seringkali harus menunggu 3 hingga 10 hari hasil PCR baru keluar. Komersialisasi pelayanan inilah yang dikritik oleh Ribka Tjiptaning. Sebab pelayanan kesehatan untuk semua, dan harus mengedepankan rasa kemanusiaan dan keadilan," jelas Hasto.

Baca juga : Panglima Hadi Minta Prajurit TNI Sukseskan Vaksinasi Covid-19

Hasto menambahkan, vaksin untuk rakyat sangat penting. “Ini sikap partai. Dalam keputusan rapat kerja dengan Menteri Kesehatan tersebut sikap Fraksi PDI Perjuangan DPR juga mendukung. Kritik agar pelayanan publik tidak dikomersialisasikan adalah bagian dari fungsi DPR di bidang pengawasan," kata Hasto.

Untuk pelaksanaannya, kata Hasto, mengingat masih ada pro kontra, sebaiknya komunikasi dan sosialisasi tentang vaksin harus dilakukan dengan massif. Hal ini untuk mencegah berbagai bentuk penyesatan informasi. 

Baca juga : BGS Ngaku Ditugasi Presiden Sukseskan Program Vaksinasi

"Penjelasan secara komprehensif tentang vaksin sangatlah penting. PDI Perjuangan akan membantu melakukan komunikasi dan sosialisasi ke rakyat terhadap pentingnya vaksin," janji Hasto. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.