Dark/Light Mode

Ditegaskan Surya Paloh

Hanya Pancasila Yang Bisa Selamatkan Indonesia

Rabu, 27 Maret 2019 20:21 WIB
Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh dalam Kampanye Akbar Rapat Umum Nasional Partai Nasdem, di Stadion Klabat, Manado, Sulawesi Utara, Rabu (27/3). (Foto: Dok. Nasdem)
Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh dalam Kampanye Akbar Rapat Umum Nasional Partai Nasdem, di Stadion Klabat, Manado, Sulawesi Utara, Rabu (27/3). (Foto: Dok. Nasdem)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh mengingatkan para kader dan simpatisan partanya terus menjaga nilai-nilai keramahan sebagai ciri khas bangsa Indonesia. Semangat gotong royong dalam hidup berbangsa harus terus dijaga meski ada perbedaan pandangan dalam Pemilu 2019.

Hal ini disampaikan Paloh dalam Kampanye Akbar Rapat Umum Nasional Partai Nasdem, di Stadion Klabat, Manado, Sulawesi Utara (Sulut), Rabu (27/3). Teriknya panas matahari tidak menghalangi antusiasme warga Manado menghadiri acara kampanye tersebut. Puluhan ribu warga masyarakat lengkap menggunakan atribut Partai Nasdem memenuhi area Stadion Klabat yang suhunya mencapai 32 derajat celcius.

Riuh sorak-sorai peserta kampanye pecah saat Paloh masuk area kampanye dengan mengendarai kendaraan atap terbuka. Sorak sorai semakin keras ketika Paloh menyapa masyarakat yang sudah lebih dulu hadir di lokasi. Irama lagu Maju Tak Gentar ciptaan Cornel Simanjuntak mengiringi kedatangannya.

Baca juga : KPK Panggil 5 Panitia Seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi Kemenag

Berbagai penampilan hiburan dengan tema kolosal kebudayaan Sulut yang dipadukan dengan lagu-lagu kebangsaan mampu menghibur para kader dan simpatisan Nasdem. Para peserta yang hadir nampak sibuk mengabadikan pertunjukkan lagu dan tarian dengan ponsel masing-masing.

“Kita tinggal di bumi Indonesia dengan satu komitmen yang diletakkan pendiri bangsa kita untuk hidup saling bergandengan tangan, gotong royong, dan toleransi. Itulah prinsip-prinsip dasar yang terdapat dalam Pancasila," ujar Paloh dalam orasinya.

Menurut Paloh, hanya Pancasila yang bisa menyelamatkan bangsa ini dari perpecahan. Makanya, kader Nasdem harus selalu memegang teguh Pancasila. Kader Nasdem juga harus mampu memulai dan menjadi panutan dalam hal menjaga toleransi dan kerukunan.

Baca juga : Banyak Bisnis Yang Bisa Kita Jajaki

"Selamatlah bangsa kita kalau rakyat masih punya kemampuan dan keinginan tetap mempertahankan prinsip dasar bangsa dan negara pada ideologi Pancasila. Sudah menjadi kewajiban bagi kader Nasdem untuk memulai itu dari diri sendiri," tegasnya.

Dengan konsistensi kader yang tetap menjaga ucapan dengan perbuatan, Paloh meyakini di Pemilu 17 April 2019, Nasdem mampu masuk dalam posisi tiga besar. “Kita bertekad Nasdem dan Jokowi harus menang. Itulah inti harapan dan keinginan kita," paparnya.

Di Sulut, Nasdem menargetkan memperoleh dua kursi DPR RI, unsur pimpinan DPRD Provinsi Sulut, dan mengisi seluruh fraksi untuk tingkat kabupaten/kota. Peta kekuatan NasDem di Sulut saat ini diisi lima kepala daerah kabupaten dan kota yang berasal dari Partai Nasdem.

Baca juga : Bacaan Al Quran Awali Sidang Parlemen Selandia Baru

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Umum Garda Pemuda NasDem Prananda Surya Paloh memuji konsistensi masyarakat Sulut yang bisa menjaga toleransi sehingga membuat Sulut menjadi provinsi yang paling toleran di Indonesia. Dia berharap, tolerasni Sulut ini dicontoh provinsi-provinsi lain.

"Kita tidak rela jika ada pihak-pihak yang ingin merusak keberagaman dan toleransi di Sulut. Kami yakin Sulut adalah rumah kaum nasionalis benteng Pancasila," tambahnya. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.