Dark/Light Mode

Ini Pesan Sabam Sirait untuk Kapolri Listyo Sigit Prabowo

Sabtu, 30 Januari 2021 13:46 WIB
Politisi senior Sabam Sirait (Foto: Istimewa)
Politisi senior Sabam Sirait (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Politisi senior Sabam Sirait mengucapkan selamat atas pelantikan Jenderal Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri baru menggantikan Jenderal Idham Azis. Sabam yakin, pilihan Presiden Jokowi kepada Listyo sudah tepat. Rekam jejak Listyo selama ini seperti saat menjadi Kapolres Pati, Solo, Kapolda Banten, Kabareskrim, menunjukkan profesionalitas. 

"Sigit sosok yang tepat untuk memimpin polisi. Ia profesional," kata pria yang sudah berpolitik sejak jaman Presiden Soekarno hingga Presiden Jokowi, Sabtu (30/1).

Baca juga : Kunker Pertama Kapolri, Jenderal Listyo Sowan Ke PBNU

Senator dari daerah pemilihan DKI Jakarta yang juga anggota MPR paling senior ini berpesan agar Listyo membangun sistem yang semakin baik. Tujuan utamanya, agar lembaga Polri menjadi lembaga yang semakin dipercaya masyarakat.

"Pertama-tama, Polri harus jujur. Jenderal Soedirman di tentara dan Jenderal Hoegeng Iman Santoso di kepolisian, keduanya sangat berwibawa karena jujur," kata pengagum sosok Jenderal Soedirman dan Hoegeng ini.

Baca juga : Perbaikan Di Sektor Hulu Tentukan Kualitas Literasi Indonesia

Pesan lain Sabam adalah agar polisi semakin kokoh dan kuat dalam menjaga persatuan Indonesia. Polisi di bawah kepemimpinan Listyo Sigit Prabowo harus menjadi bentang yang kuat dalam menjaga dan mempertahankan Pancasila dari segala bentuk ancaman.

"Polisi jangan takut kalau ada yang ganggu ideologi Indonesia," ungkap sosok yang dianggap guru politik oleh Ketua DPR Bambang Soesatyo dan politisi PKS Hidayat Nur Wahid

Baca juga : Inilah Harapan Partai Gelora Kepada Kapolri Baru, Listyo Sigit Prabowo

Hal yang tak kalah penting, lanjut Sabam, polisi juga harus berani memberantas korupsi dan aksi kriminal lainnya. Sebab korupsi merupakan salah satu musuh terbesar yang harus dihadapi dan dihabisi. "Habisi itu koruptor-koruptor. Jangan takut," tegas Sabam. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.