Dark/Light Mode

Jokowi: Ekonomi Indonesia Meningkat Di Tengah Perlambatan Ekonomi Global

Sabtu, 30 Maret 2019 16:28 WIB
Capres 01 Jokowi di Rumah Makan Padang, jelang Debat Capres Jilid 4, Sabtu (30/3). (Foto: Antara)
Capres 01 Jokowi di Rumah Makan Padang, jelang Debat Capres Jilid 4, Sabtu (30/3). (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Capres nomor urut 01 Joko Widodo menegaskan, Indonesia masih dapat mempertahankan pertumbuhan ekonomi, bahkan mengalami peningkatan. Bahkan, sedikit demi sedikit naik di tengah perlambatan global.

"Semuanya turun. Tapi, kita masih bisa bertahan dan naik sedikit demi sedikit. Saya kira, itulah yang kita kerjakan," kata Jokowi ketika ditemui usai makan siang di Restoran Garuda, Jalan Sabang, Jakarta, seperti dikutip Antara, Sabtu (30/3).

Baca juga : Produk Makanan Indonesian Unjuk Gigi Di Kota Panda

Jokowi mengatakan, di lingkup negara negara G20 dan dunia, pertumbuhan ekonomi Indonesia berada di urutan ketiga. "Kita nomor 3 di dunia, di G20 nomor 3 loh ya," katanya menanggapi kritik soal pertumbuhan ekonomi, dari capres nomor urut 02 Prabowo Subianto.

Mengenai perencanaan pembangunan, Jokowi mengatakan perencanaan dilakukan baik di tingkat nasional maupun daerah. "Nasionalnya ada, daerahnya mesti kita tahu. Kita gak mungkin berbicara nasional kemudian problem daerah tidak kita kuasai, problem daerah harus kita kuasai dan carikan solusi," katanya.

Baca juga : Dubes Khan: Hubungan Indonesia-Pakistan Meningkat Pasca Kunjungan Jokowi

Jokowi mencontohkan, di daerah ada kebutuhan perpanjangan landas pacu bandara dan jalan seperti di Banjarmasin dan Balikpapan. "Itu harus diselesaikan, itu permintaan permintaan daerah yang harus kita respon," katanya.

Ia menyebutkan, permasalahan di daerah daerah selalu diinventarisasi, dan harus diselesaikan dalam jangka waktu tertentu.

Baca juga : Triwulan I, BI Ramal Pertumbuhan Ekonomi Tetap Kuat

Pilpres 2019 diikuti dua pasangan calon (paslon), yaitu paslon nomor 01 Joko Widodo-KH Ma'ruf Amin dan nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.