Dark/Light Mode

Nolak Jadi Menteri

Erick Diminta Warganet Pimpin PSSI

Minggu, 31 Maret 2019 07:10 WIB
Erick Thohir. (Foto: Net)
Erick Thohir. (Foto: Net)

RM.id  Rakyat Merdeka - Erick Thohir tak tertarik menjadi menteri dan masuk kabinet jika Jokowi-Ma’ruf Amin menang Pilpres 2019. Kalau begitu, Erick memimpin PSSI saja deh. Begitu suara warganet.

Erick menyampaikan penolakan itu saat ditemui di Senayan City, Jumat (29/3). “Insyaallah nggak. Saya tidak tertarik dalam kabinet,” ujarnya.

Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf Amin ini beralasan, selama tiga tahun terakhir dirinya jarang berkumpul bersama keluarga. Setelah sibuk mengurus acara ASEAN Games 2018, dia bergabung dengan TKN.

Erick mengaku dalam waktu empat hari harus berkampanye di delapan provinsi. Sementara pasca debat capres babak keempat, dia bakal menyambangi 16 provinsi.

“Saya rasa setelah April ya, saya yakin Pak Jokowi diberi kesempatan sekali lagi, daan tentu saya punya kesempatan kembali berusaha dan keluarga,” harapnya. Erick pun menegaskan akan tetap berada di jalur bisnis.

Baca juga : Terima Wali Kota Busan, Menpora Minta Dukungan Olimpiade 2032

Diketahui, Erick adalah pengusaha. Dia merupakan pendiri Mahaka Group, perusahaan induk dari sejumlah perusahaan yang fokus pada media dan hiburan.

Selain bisnis tersebut, Erick juga menjadi pemilik sejumlah klub olahraga seperti Philadelphia 76ers (NBA), D.C United hingga Persib Bandung. “Saya ini pengusaha. Saya ingin kembali berusaha setelah April,” ujarnya.

Erick juga membocorkan kebijakan Jokowi soal menteri dalam kabinet mendatang bila terpilih kembali menjadi presiden. Menurutnya, Jokowi akan meninjau ulang setiap calon.

Penolakan Erick sebagai menteri cukup ramai ditanggapi oleh netizen. Kebanyakan memuji. “Pak Erick ini tanpa pamrih,” puji @lany_christiana. “Buat pengusaha sejati mereka nggak mikir soal jabatan. Yang penting buat mereka, milih pemimpin yang bisa membuat kondisi negara aman. Jadi menjalankan usaha juga mudah dan lancar,” sambung @hanifah932.

Yang lain mengusulkan Erick menjadi Ketua Umum PSSI. Untuk diketahui, Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI dijadwalkan digelar April usai Pemilu. Kongres tersebut akan lebih dulu membentuk Komite Pemilihan (KP) dan Komite Banding Pemilihan (KBP). Selanjutnya, menetapkan tanggal kongres pemilihan.

Baca juga : Banyak Mafia Permainkan Harga Ayam

“Erick Thohir for PSSI,” cuit @agussusyasa. Cuitan itu diamini @EDDY_susilo. “Cocok dan cakap beliau Erick Thohir kalau menjadi ketua PSSI. Layak dan pantas. Dari jaman batu begitu gitu saja PSSI bagaimana mau maju bangsa ini dengan clubnya kalau pertandingan bisa dimainkan,” kicaunya.

@Activ33009446 sepakat. “Tepat karena pak Erick Thohir berpengalaman di bidang sepak bola,” cuitnya.

Usulan Erick Thohir menjadi Ketum PSSI sebenarnya sudah beberapa kali digaungkan. Bahkan, sudah ada petisi dukungan agar Erick menjadi Ketum PSSI di change.org. Dalam petisi yang digagas Wira Adikusuma, Erick yang mantan orang nomor satu di klub sepak bola Inter Milan itu dinilai memahami sepak bola, berpengalaman, profesional, bersih, kredibel dan netral.

Erick memiliki rekam jejak yang nyata di dunia olahraga. Hingga kini, Erick masih tercatat sebagai pemilik tim basket Satria Muda dan Wakil Komisaris Utama PT Persib Bandung Bermartabat. Selain itu, Erick juga pernah menjabat Presiden Penyelenggara Asian Games 2018 dan kini tercatat masih menjadi ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI) dan Presiden Asosiasi Bola Basket Asia Tenggara (SEABA).

Petisi bertajuk 'Erick Thohir sebagai Ketua Umum PSSI' berharap didengar Presiden Jokowi.

Baca juga : Kiai Ma’ruf Minta Doa Warga Banten

Erick juga unggul dalam polling yang diadakan CNNIndonesia.com, Senin (19/2) lalu. Pendiri Grup Mahaka itu mendapat 44 persen suara dari 1507 akun yang berpartisipasi dalam polling. Dia mengungguli Basuki Tjahja Purnama alias Ahok yang mendapat 29 persen suara.

Namanya sering digaungkan, tapi Erick sudah menegaskan tak mau menjadi Ketum PSSI. “Saya kemarin langsung jawab, saya bukan tipe orang yang cocok di birokrasi. Jadi kalau jadi Ketua PSSI, saya rasa tidak. Tapi kalau saya ditantang, memperbaiki sepak bola Indonesia, baik secara klub kecil atau liga, itu yang menjadi sesuatu hal yang menarik buat saya,” kata Erick, November tahun lalu. [OKT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.