Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Gelar Ajang Konvensi Calon Presiden 2022

NasDem Bangun Koalisi Tanpa Batas

Jumat, 26 Februari 2021 06:20 WIB
Sekretaris Jenderal Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai NasDem, Johnny G Plate. (Foto: ANTARA)
Sekretaris Jenderal Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai NasDem, Johnny G Plate. (Foto: ANTARA)

RM.id  Rakyat Merdeka - Partai Nasional Demokrat (NasDem) akan menjaring calon presiden dan wakil presiden melalui mekanisme konvensi pada 2022, sekaligus membangun koalisi denganpartai politik lainnya.

Hal ini dinyatakan Sekretaris Jenderal Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai NasDem, Johnny G Plate. “NasDem membangun komunikasi politik untuk memastikan terbentuknya koalisi minimal memenuhi prasyarat Presidential Threshold 20 persen,”katanya, di sela-sela Rapat Koordinasi Nasional Khusus (Rakornassus) Bidang Ideologi, Organisasi dan Kaderisasi. Kegiatan Rakornassus NasDem, Kamis (25/2).

Menurutnya, koalisi sangat penting, agar peserta yang lolos dan memenangkan konvensi Partai NasDem punya tiket sebagai calon presiden pada Pilpres 2024. “NasDem tidak akan melakukan konvensi bila tidak mendapatkan tiket sebagai peserta Pilpres,” tegas Johnny.

Baca juga : Tangkap Potensi Bisnis 2021, BNI Lakukan Konsolidasi dan Transformasi

Menteri Komunikasi dan Informasi (Menkominfo) itu menjelaskan, konvensi merupakan wujud keterbukaan Partai NasDem bagi anak-anak bangsa yang pantas dan berkualitas untuk memimpin bangsa, sesuai amanat konstitusi, dengan mengedepankan prinsip transparansi.

Melalui konvensi, lanjutnya, Partai NasDem ingin menegaskan sebagai partai inklusif, yang bisa menerima pemikiran dan pandangan politik dari berbagai kalangan masyarakat. Menurutnya, koalisi yang dibanguntidak terbatas pada koalisi pemerintah saat ini. Melainkan bisa dengan partai manapun.

“Yang jelas, harus sejalan dengan platform, visi dan misi, serta gagasan yang sejalan dengan NasDem, dan mampu menghasilkan orkestrasi politik yang memadai,” paparnya.

Baca juga : DKM Masjid Al Aqsha Delatinos Bangun Huntara Korban Banjir Kalsel

Mengenai Rakornassus, Johnny menjelaskan hasilnya. Pertama, Partai NasDem berkomitmen mendampingi Pemerintahan Joko Widodo dan Ma’aruf Amin secara riil dan konkret politik, untuk menjaga bangsa dan negara dari dampak pendemi Covid-19. Khususnya terhadap tekanan dan kontraksi ekonomi nasional.

Kedua, Partai NasDem mendukung sikap Pemerintahan Joko Widodo dan Ma’aruf Amin tidak merevisi Undang-Undang Pemilu, dan berkomitmen menyukseskan Pilkada serentak pada 2024.

Ketiga, Fraksi NasDem mempertahankan posisinya sebagai pendukung utama pemerintah dan memperjuangkan politik rasional yang berpihak pada kepentingan masyarakat. [REN]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.