Dark/Light Mode

Peneliti Senior LSI Toto Izul Fatah

AHY Sulit Dirobohin, KLB Demokrat Cuma Targetkan Pecah Partai

Jumat, 5 Maret 2021 07:22 WIB
Peneliti Senior LSI Toto Izul Fatah (Foto: Istimewa)
Peneliti Senior LSI Toto Izul Fatah (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Soal gosip yang menyebut KLB merupakan bagian dari agenda melumpuhkan Demokrat karena dianggap berseberangan dengan pemerintah, atau murni ekspresi kekecewaan sejumlah kader seniornya, Toto mengaku tak tahu.

Menurutnya, spekulasi itu akan terjawab dari sikap pemerintah. Apakah pemerintah ‘menikmati’ kemelut internal partai yang didirikan SBY ini, atau tegas tidak memberi lampu hijau apalagi restu terlaksananya KLB tersebut.

Baca juga : Siap Maju Di KLB Demokrat, Hasnaeni Tawarkan Visi Partai Emas

“Kalau ternyata Demokrat hasil KLB ini akhirnya diakui pemerintah, publik akan menduga Istana berada di balik semua ini. Apalagi, jika tokoh yang selama ini heboh dituding terlibat merancang KLB, yakni Moeldoko, terpilih sebagai ketua umum," ungkapnya.

Dalam konteks ini, Toto mengingatkan pemerintah untuk segera merespon KLB ini untuk bersikap tegas. Agar tak berada di antara dua kubu yang sedang konflik.

Baca juga : Pengamat : Pemecatan Kader Demokrat Demi Jaga Marwah Partai

Kata Toto, sikap itu penting, agar pemerintah tidak menjadi bagian yang dapat memicu terjadinya perpecahan bangsa yang makin parah.

“Saat ini, kita sedang membutuhkan situasi yang kondusif dalam menghadapi berbagai persoalan besar bangsa. Jangan tambah masalah lagi, dengan sikap pemerintah yang memberi ruang terhadap munculnya perpecahan. Saya sedih, jika pemerintahan Pak Jokowi ini diberi stempel tukang memecah partai politik yang berseberangan,” tandasnya. [SSL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.