Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Kampanye Pagi-Malam

Kemeja Jokowi Lepek

Minggu, 7 April 2019 06:05 WIB
Capres Nomor Urut 01 Jokowi saat kampanye di Batam, Kepulauan Riau, kemarin. (Foto: Rendy Trikurniawan/RM).
Capres Nomor Urut 01 Jokowi saat kampanye di Batam, Kepulauan Riau, kemarin. (Foto: Rendy Trikurniawan/RM).

RM.id  Rakyat Merdeka - Jokowi menargetkan bisa menang dengan meraih suara di atas 60 persen. Capres 01 ini pun meminta pendukungnya makin militan menyapa masyarakat. Jangan sampai angka segitu goyang karena hoaks.

Setelah berkampanye di Pulau Jawa, Jumat sore Jokowi terbang ke Pulau Sumatera. Tiba di Sumatera Utara, Jokowi langsung gaspol. Malam itu juga kampanye di Deli Serdang.

Nah, kemarin pagi Jokowi sudah berkampanye di Kabupaten Asahan, Sumatera Utara. Lalu siangnya terbang ke Batam, Kepulauan Riau. Kampanye di Batam sangat meriah. Massa yang hadir menyemut memenuhi Stadion Temenggung Abdul Jamal, Mukakuning, Batam. Puluhan orang pingsan karena berdesakan dan kepanasan.

Jokowi tiba di lokasi sekitar pukul 2 siang. Masih dengan stelan yang itu-itu juga. Kemeja putih lengan panjang yang digulung sesiku. Bawahannya hitam dan sepatu kets warna senada. Turun dari mobil, Jokowi disambut iring-iringan barongsai, barong, reog dan kuda lumping.

Baca juga : Kampanye Di Malang, Paloh Jualan Anak Muda 

Jalur menuju panggung sudah penuh sesak. Petugas keamanan berjejer membuat pagar betis untuk membuka jalan. Dalam perjalanan, Jokowi dengan sabar melayani permintaan salaman dan berfoto dari pendukungnya. Sampai panggung, kemeja putih Jokowi sudah lepek karena bermandikan keringat. Matahari siang itu memang panas menyengat.

Di atas panggung, eks Walikota Solo ini langsung menyampaikan orasi politik. Diawali dengan mengungkapkan rasa senang melihat begitu banyak massa yang hadir.

“Baru kali ini belum dimulai saya sudah basah kuyup. Baju basah kuyup, kaus basah kuyup, celana basah kuyup. Inilah Batam yang luar biasa,” kata Jokowi disambut teriakan pendukungnya.

Sebelum melanjutkan pidatonya, Jokowi meminta pendukungnya untuk tertib. Jangan berdesak-desakan. "Soalnya sudah 27 yang pingsan," kata Jokowi.

Baca juga : Caleg Partai Nasdem Jualan Kinerja Jokowi

Padatnya kerumunan ditambah teriknya suasana siang itu, membuat beberapa orang yang dekat panggung utama jatuh pingsan. Kehadiran Jokowi di atas panggung membuat massa terus merangsek ke depan. Ingin bersalaman dan melihat Jokowi dari dekat. Petugas keamanan berlarian untuk mengevakuasi orang yang pingsan.

Saat akan melanjutkan orasinya, satu orang pingsan lagi. Jokowi memberi tahu kepada petugas. Dengan sigap, petugas mengangkat korban dari kerumunan dan di bawa ke tenda yang terletak di samping panggung.

Dalam orasinya, Jokowi menceritakan kemenangan Jokowi-Ma'ruf di 2014 mencapai 59 persen. Namun, dengan melihat antusias warga Kepulauan Riau (Kepri) yang hadir ke lokasi kampanye, Jokowi yakin bisa meraup 70 persen suara. "Bisa 70 persen? Sanggup?" kata Jokowi disambut teriakan dukungan.

Selanjutnya, Jokowi menyampaikan, ada dua hal yang akan diselesaikan jika nanti terpilih lagi sebagai presiden. Pertama, perihal sertifikasi kampung tua di Batam. Jokowi akan menyelesaikan persoalan ini maksimal tiga bulan. “Kampung tua akan kami sertifikasi. Lahan di kampung tua akan jadi hak milik. Setuju tidak?" tanya Jokowi.

Baca juga : JK Dan Loyalis Full Ke Jokowi

Kedua, Jokowi akan mewujudkan keinginan terbangunnya Jembatan Batam-Bintan (Babin). Dalam seminggu ke depan, ia akan mengirimkan tim untuk mempersiapkan detail engineering. Supaya Jembatan Babin bisa segera dibangun.

Di penghujung orasi, Jokowi mengingatkan agar masyarakat Batam dan Kepri bisa terhindar dari informasi bohong. Terutama yang menyudutkan pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin. Ia mengajak masyarakat tidak percaya isu yang menyatakan Jokowi-Ma’ruf akan melegalkan pernikahan sejenis, menghapus pendidikan agama, melarang azan, dan berbagai isu lain yang menyudutkan.

“Saya titip Kepri agar tidak terhasut fitnah, kabar bohong, dan hoaks. Jangan sampai goyang gara-gara itu,” pesan Jokowi.

Semakin panas dan padatnya kondisi di lapangan membuat masyarakat yang pingsan bertambah banyak. “Yang pingsan sudah lebih dari 50 orang. Jangan ditambah lagi. Setuju?” kata Jokowi di akhir pidato. [BCG]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.