Dark/Light Mode

Survei Charta Politika: PSI Masuk 10 Besar

Senin, 29 Maret 2021 11:28 WIB
Partai Solidaritas Indonesia (PSI). (Foto: Ist)
Partai Solidaritas Indonesia (PSI). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Elektabilitas PDI Perjuangan menempati posisi pertama dalam survei elektabilitas partai politik yang dirilis lembaga Charta Politika Indonesia. Sebanyak 20,7 persen masyarakat akan memilih partai berlambang Banteng Moncong Putih itu.

"Seandainya, pemilu legislatif untuk memilih anggota DPR dilaksanakan hari ini dan diikuti oleh partai politik di bawah ini, partai apa yang anda pilih? PDI Perjuangan 20,7 persen," kata Direktur Eksekutif Charta Politika Yunarto Wijaya, Minggu (28/3).

Baca juga : `Mahalnya Politik Pangan`

Di posisi kedua, ada Partai Gerindra dengan 14,2 persen. Sedangkan di posisi ketiga ada Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dengan 9,7 persen. Setelah itu, disusul Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang membuntuti dengan 8,2 persen. Sementara itu, Partai Golongan Karya (Golkar) menempati posisi kelima dengan 7,8 persen.

Selanjutnya menyusul Partai Nasional Demokrat (Nasdem) 5,4 persen, Partai Demokrat 4,2 persen, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) 2,2 persen, Partai Solidaritas Indonesia (PSI) 1,8 persen, dan Partai Amanat Nasional (PAN) 1 persen.

Baca juga : Sri Mulyani Usul Kenaikan Pajak Mobil Listrik, Ini Besarannya

"Yang menarik adalah partai baru PSI yang berhasil menyodok ke atas mengalahkan Partai Amanat Nasional (PAN). Sementara partai lain meraih persentase di bawah 1 persen," sebutnya.

Metode survei yang digunakan metode sampling pengacakan sistematis sebanyak 1.200 responden. Toleransi kesalahan atau margin of error sekitar 2,83 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. Survei dilakukan pada 20-24 Maret 2021. Responden merupakan warga negara Indonesia yang berusia di atas 17 tahun. [MRA]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.