Dark/Light Mode

Survei TBRC: PDIP Unggul, PSI Salip PAN Dan PPP

Kamis, 1 April 2021 11:13 WIB
Partai Solidaritas Indonesia (PSI). (Foto: Ist)
Partai Solidaritas Indonesia (PSI). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Elektabilitas PDI Perjuangan menempati posisi pertama dalam survei Timur Barat Center Riset (TBRC). Sebanyak 18,2 persen masyarakat akan memilih partai berlambang banteng moncong putih itu jika pemilu dilakukan hari ini.

Direktur Eksekutive TBRC Johanes Romeo mengatakan, survei ini dilakukan terhadap 1.816 responden. Salah satu pertanyaannya mengenai partai apa yang akan dipilih jika pemilu dilakukan hari ini.

Baca juga : Survei Charta Politika: PSI Masuk 10 Besar

"PDI Perjuangan 18,2 persen, Golkar 17,8 persen, PKB 8,2 persen dan Gerindra 7,9 persen," kata Johanes dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Kamis (1/4).

Lalu, pada posisi kelima adalah Partai Nasdem dengan perolehan 5,6 persen, lalu disusul PKS dengan 5,1 persen dan PSI 3,7 persen. Yang menarik, PSI berhasil menyodok ke atas mengalahkan Demokrat, PAN, PPP dan Hanura.

Baca juga : Survei Ipsos : ShopeePay Ungguli 48 Persen Persaingan E-Wallet

Pasalnya dalam survei TBRC menunjukkan, Demokrat dengan perolehan 3,4 persen, PAN memperoleh 3,1 persen, PPP 2,9 persen dan Hanura 1,4 persen.

Untuk diketahui, survei dilakukan mulai 16  hingga 26 Maret 2021. Dengan Jumlah Responden 1.816 dari Warga Negara Indonesia yang berusia diatas 17 tahun, penentuan responden mengunakan metode multistage random sampling hasil Survei memiliki Margin of Error +/- 2,3 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen. [MRA]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.