Dark/Light Mode

Parpol Tak Lolos Ambang Batas 4 Persen

Otomatis, Caleg Partainya Pun Tidak Bisa Ke Senayan

Sabtu, 13 April 2019 09:42 WIB
Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting Pangi Syarwi Chaniago. (Foto: Istimewa).
Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting Pangi Syarwi Chaniago. (Foto: Istimewa).

RM.id  Rakyat Merdeka - Syarat ambang batas parlemen atau parliamentary threshold (PT) 4 persen jadi momok bagi partai dan caleg petahana berkinerja baik. Jika parpol tak lolos PT, caleg petahana yang meraih kursi lagi, otomatis gugur.

Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting, Pangi Syarwi Chaniago menegaskan, caleg DPR petahana berkinerja baik belum tentu terpilih kembali, jika partainya tidak mampu mencapai PT 4 persen.

Baca juga : PDIP Mulai Melunak Ke Menteri Enggar

“Caleg DPR bisa terpilih kembali kalau kerja kolektif dengan caleg lainnya berjalan baik sehingga bisa mengantarkan partainya lolos PT 4 persen. Jadi caleg petahana bagus dan menjadi wakil rakyat terbaik, tapi partainya tidak lolos PT itu disayangkan,” kata Pangi pada acara Soft launching Buku Wakil Rakyat Terbaik 2019, di Restauran Pulau Dua Senayan, Jumat (12/4).

Saat ini, aku Pangi, ada masalah mental bagi caleg petahana yang sudah bekerja sesuai keinginan rakyat. Soalnya, adalah jika partai tempat bernaung si caleg tidak lolos ambang batas parlemen.

Baca juga : Kans Terpilih Calon Dari Partai Politik Lebih Besar

“Berdasarkan survei kita, hanya 7 partai lolos PT. Jika ada caleg petahana bekerja baik, tapi partai tidak lolos tentu semua percuma. Perolehan kursi DPR dari caleg itu hangus,” ujarnya.

Pangi mengungkapkan, partai tidak punya tiket capres saat ini menjadi kecewa atau dirugikan. Pasalnya, parpol tidak merasakan efek ekor jas.

Baca juga : Dewan Pers Lempar Bola Ke Kepolisian

“Yang merasakan efek ekor jas adalah partai besar pengusung capres. PDIP, Gerindra dan Golkar tidak bergeser dari tiga besar,” ungkapnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.