Dark/Light Mode

Kritik Nama Tol Layang Japek

Fadli Zon: Apa Jasa Mohamed Bin Zayed Buat Indonesia?

Selasa, 13 April 2021 11:51 WIB
Waketum Gerindra, Fadli Zon. (Foto: ist)
Waketum Gerindra, Fadli Zon. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Fadli Zon mempertanyakan jasa Sheikh Mohamed Bin Zayed Al Nahyan (MBZ) terhadap Indonesia. Hal itu disampaikannya dalam merespons keputusan pemerintah mengubah nama Tol Layang Jakarta-Cikampek menjadi Jalan Layang MBZ Sheikh Mohamed Bin Zayed.

"Apa jasa Mohamed bin Zayed (MBZ) bagi Indonesia?" cuit Fadli Zon di akun Twitter pribadinya @fadlizon, Selasa (13/4). 

Baca juga : Desa Bukan Lagi Halaman Belakang, Tapi Halaman Depan Pembangunan Indonesia

Dia tidak sepakat dengan keputusan pemerintah. Karenanya, anggota Komisi I DPR itu mendesak pemerintah meninjau kembali perubahan nama tersebut, dan mempertimbangkan nama pahlawan Indonesia yang berjasa terhadap negara.

"Apa tak ada nama pahlawan kita yang berjasa bagi bangsa ini yang bisa kita hargai dan hormati untuk menjadi nama jalan? Saya usul agar ditinjau ulang nama jalan ini," sindir Fadli. 

Baca juga : Pemerintah Izinkan Orang Asing Pasangan Kawin Campur Masuk Indonesia

Diketahui, Menteri Sekretaris Negara Pratikno sebelumnya menjelaskan latar belakang penggunaan nama MBZ pada Tol Japek Layang. Itu dilakukan untuk menghargai hubungan baik yang terjalin antara Indonesia dengan UEA.

Terlebih lagi, dia mengatakan nama Presiden Joko Widodo sebelumnya juga sudah diabadikan menjadi salah satu nama jalan di pusat ibu kota Abu Dhabi. Penamaan MBZ pada jalan tol layang ini dinilai sebagai penghormatan untuk UEA. [UMM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.