Dark/Light Mode

Pemilih Muda Diprediksi 75,49 Juta Jiwa

Cak Imin Kudu Gaul Sama Kaum Milenial

Minggu, 2 Mei 2021 06:55 WIB
Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar. (Foto: Facebook @cakiminow)
Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar. (Foto: Facebook @cakiminow)

 Sebelumnya 
Hitungannya, gabungan generasi milenial dan GenZ menjadi separuh lebih total pemilih di Pemilu 2024. Tentunya, diperlukan cara pendekatan yang unik agar seorang calon pemimpin meraih simpati milenal dan GenZ ini.

“Jadi kalau ditanya ke milenial, figur seperti apa yang akan dipilih, susah dijelaskan. Dibutuhkan cara jitu untuk bisa berhubungan dengan generasi ini,” katanya.

Hasanuddin merincikan, ada beberapa hal yang akan mendapatkan perhatian pemilih muda. Yaitu, isu kualitas pendidikan, ketenagakerjaan, lingkungan, transportasi dan tata kelola pemerintahan.

Baca juga : Pertamina Kudu Berjaya Sebagai Pemain Global

“Jadi kuncinya, figur-figur yang bisa bicara jelas tentang ini pasti mendapatkan perhatian generasi GenZ,” ucapnya.

Selain itu, kata dia, ada seni tersendiri bagi calon presiden jika ingin meraih suara mile­nial. Pasalnya, anak muda itu cenderung apatis, walaupun sebenarnya mereka melek politik. Selain itu, suara milenial susah ditebak.

“Berteman dan bergaul dengan milenial adalah kunci. Keputusan memilih akan ditentukan menjelang pencoblosan,” tukasnya.

Baca juga : Kepala Badan Siber Hinsa Jamin Keamanan Data Center Nasional

Selain itu, hal yang cukup menentukan kemenangan di Pilpres nanti harus melek teknologi. Karena itu, menggunakan platform digital adalah pilihan yang harus digunakan seorang capres.

Politisi PKB Idham Arsyad menyambut baik hasil diskusi ini. Baginya, Cak Imin memang melekat dengan anak muda. Bahkan, Cak Imin pernah menjadi Wakil Ketua DPR termuda hasil Pemilu 1999, yakni di usia 32 tahun.

“Tidak hanya berpotensi meraih suara muda, kader PKB juga siap memenangkan beliau,” ujar Ketua Umum Gerakan Kebangkitan Petani dan Nelayan Indonesia (Gerbang Tani) ini kepada Rakyat Merdeka, kemarin. [BSH]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.