Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Di Peringatan Hari Waisak 2565

Ini, Pesan PKB...

Kamis, 27 Mei 2021 06:55 WIB
Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Daniel Johan. (Foto: Istimewa)
Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Daniel Johan. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mengajak seluruh rakyat Indonesia menjadikan peringatan Hari Raya Waisak 2565 yang jatuh kemarin, Rabu (26/5) untuk menjaga persatuan. Agar seluruh bangsa mengedepankan rasa saling mencintai antar umat beragama.

“Semangat solidaritas dan kebersamaan sangat berarti bagi kita semua, bukan saling benci tapi saling mencintai,” ujar Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Daniel Johan kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Anggota Komisi IV DPR ini juga berpesan kepada seluruh umat Buddha di Indonesia untuk tetap menjaga persaudaran berdasarkan cinta dan kemanusiaan. Seperti ajaran di dalam Buddha, untuk selalu menebarkan kebaikan. Terlebih, kata dia, saat ini bangsa Indonesia sedang berperang melawan pandemi Covid-19. “Agar bisa segera keluar dari pandemi, salah satu kata kuncinya ada persatuan,” ucapnya.

Baca juga : Peringati Waisak, Menag Pesan Eratkan Persaudaraan Antar Sesama

Daniel yang merupakan pemeluk agama Buddha juga mengajak seluruh elemen masyarakat untuk memperkokoh kemanusiaan dan persaudaraan di peringatan Waisak tahun ini. Dijelaskan, kemanusiaan dan kebaikan itu adalah inti ajaran Buddha. Yakni, cinta terhadap sesama, apapun latar belakang dan kelas sosialnya.

“Beruas Delapan adalah jalan pembebasan yang memperkuat harkat dan martabat kemanusiaan,” sebutnya.

Menurut Daniel, seruan pesan persaudaraan ini mmenjadi ciri pluralitas yang digaungkan PKB. Seperti pesan almarhum Gus Dur, tidak penting apapun agama atau sukumu. Kalau kamu bisa berbuat baik untuk semua orang, orang tidak akan tanya apa agamamu.

Baca juga : Kabag MKD DPR Chrysanti Permatasari Mangkir Dari Panggilan KPK

“Pesan Dharma yang sama ini sudah disampaikan Buddha sejak ribuan tahun sebelumnya,” ujarnya.

Daniel yakin, jika Indonesia terus menjunjung tinggi kemanusiaan akan segera mencapai kesejahteraan. Apalagi, Indonesia sangat kaya dengan keanekaragaman. Ini, adalah takdir Tuhan yang menjadi modal kemajuan bersama.

“Merusak kekuatan ini, sama saja mengingkari takdir Tuhan. Mari kita rawat Indonesia dengan pengabdian kepada manusia-manusia di dalamnya,” pesannya.

Baca juga : Kecam Peretasan Terhadap Aktivis, KSP: Ini Meresahkan

Sebelumnya, Ketua Umum PKB, Abdul Muhaimin Iskandar alias Cak Imin juga menga­jak seluruh elemen masyarakat memperkokoh kemanusiaan dan persaudaraan di Waisak tahun ini. Baginya, perayaan Waisak 2565 memiliki pesan penting untuk mencintai kemanusiaan.

Cak Imin juga menjelaskan tiga peringatan penting di hari Waisak. Yaitu tiga peristiwa penting yang terjadi di hari yang sama saat bulan purnama di bulan Waisak. Yakni kelahiran, tercapainya penerangan sempurna, dan mangkatnya Buddha Gautama. Untuk itu, Cak Imin berharap Waisak kali ini dapat memberi kebaikan bagi seluruh umat Buddha.

“Selamat Waisak untuk segenap umat Buddha. Doa kami agar Waisak membawa kebaikan bagi segenap rakyat dan memperkuat rasa persaudaraan kita sesama anak bangsa,” pungkasnya. [BSH]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.