Dark/Light Mode

Gelar Konvesi Calon Presiden

Partai NasDem Pede Bakal Bisa Tampilkan Tiga Paslon

Kamis, 10 Juni 2021 07:07 WIB
Ketua Teritorial Pemenangan Pemilu Jawa 2 (Jawa Barat) Partai NasDem, Saan Mustopa. Foto: Net)
Ketua Teritorial Pemenangan Pemilu Jawa 2 (Jawa Barat) Partai NasDem, Saan Mustopa. Foto: Net)

RM.id  Rakyat Merdeka - Konvensi Calon Presiden Partai Nasional Demokrat yang dijadwalkan pada tahun depan diharapkan akan memunculkan banyak tokoh berkualitas dan pasangan calon (paslon) presiden/wakil presiden

Lewat proses rekrutmen secara terbuka, konvensi akan menghasilkan pemimpin yang bisa dipertanggungjawabkan kepada publik. “Publik juga bisa terlibat dari awal. Bukan hanya ketika sudah ada pasangan capres,” kata Ketua Teritorial Pemenangan Pemilu Jawa 2 (Jawa Barat) Partai NasDem, Saan Mustopa dalam keterangan tertulisnya, kemarin.

Berita Terkait : SOKSI: Airlangga Satu-Satunya Calon Presiden Partai Golkar 2024

Sekretaris Fraksi NasDem di DPR itu mengharapkan, melalui konvensi ini bisa melahirkan presiden yang memiliki komitmen kebangsaan yang kuat, kapabilitas yang sangat memadai, dan melanjutkan kepemimpinan sebelumnya.

Mantan aktivis Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) itu menerangkan, konvensi itu juga diharapkan membuka peluang lebih dari dua pasang calon presiden (capres). Dia meyakini, penyelenggaraan akan lebih baik jika jumlah capres minimal tiga pasang.

Baca Juga : MPR: Perbanyak Vaksinasi, Perketat Penerapan Prokes

Menurut Saan, melihat pengalaman dari dua kali penyelenggaraan Pilpres 2014 dan 2019 yang hanya diikuti dua pasang capres, menimbulkan efek negatif dengan terjadinya polarisasi di masyarakat. “Jika lebih dari dua pasang capres, memungkinkan masyarakat punya banyak alternatif pilihan,” ujarnya.

Wakil Ketua Komisi II DPR itu menjelaskan, dengan presidential threshold 20 persen, Pilpres 2024 sangat memungkinkan menghadirkan tiga pasang capres. “Asumsinya bisa menghadirkan lima pasang, sehingga jika tiga pasang capres sangat memungkinkan,” tukasnya.

Baca Juga : Prancis Terbuka, Nadal Tantang Djoker Di Semifinal

Disinggung mengenai pola koalisi dengan partai lainnya pada Pilpres 2024, Saan menegaskan, NasDem tidak mempersoalkan akan berkoalisi dengan partai politik manapun.

“Yang terpenting bagi NasDem, memiliki kesamaan visi dan komitmen kebangsaan yang sama,” ujarnya. [REN]