Dark/Light Mode

Kinerja Legislatornya Moncer

PSI Pede Tembus Senayan

Minggu, 13 Juni 2021 08:18 WIB
Plt Sekjen PSI Dea Tunggaesti (Foto: Istimewa)
Plt Sekjen PSI Dea Tunggaesti (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Partai Solidaritas Indonesia (PSI) optimistis dengan 72 anggota DPRD yang bekerja apik di seluruh Indonesia mampu menembus ambang batas parlemen alias parliamentary threshold (PT) sebesar 4 persen di Pemilu Legislatif 2024

“Mereka telah menciptakan standar baru tentang bagaimana seharusnya legislator menjalankan tugas. Insya Allah konstituen mengetahui kinerja mereka yang keren,” ujar Plt Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSI Dea Tunggaesti, kepada Rakyat Merdeka, kemarin. 

Baca juga : Kebut Pemulihan Kinerja, Garuda Indonesia Percepat Pengembalian Sewa Armada

Dea meyakini, kinerja legislator di daerah dari PSI menciptakan ukuran baru tentang kinerja seorang wakil rakyat. Mulai dari kegigihannya memperjuangkan nasib rakyat kecil, konsistensi dalam pemberantasan korupsi, hingga program antipoligami. “Mereka yang akan membuat rakyat Indonesia percaya bahwa suara mereka tak akan sia-sia jika diberikan ke PSI,” ujarnya. 

Mantan artis sinetron ini mencontohkan kinerja kadernya yang kini bekerja di legislatif. Salah satunya, politisi muda William Aditya Sarana yang kini menjadi Anggota DPRD DKI Jakarta Komisi A dari PSI. Dea menyebut William akan selalu diingat, karena tindakannya yang berani membongkar anggaran lem aibon yang fantastis dan memboroskan uang rakyat. Menurutnya, PSI akan terus konsisten mengawal proses legislasi agar menghasilkan perundang-undangan yang sehat. 

Baca juga : Anis Matta Optimis, Kekuatan Militer Indonesia Tembus 5 Besar Dunia

Dea juga bercerita tentang sepak terjang PSI dalam mengawal kebijakan pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Amin. Meski salah satu anggota koalisi gemuk parpol pendukung pemerintah, PSI menyuarakan lantang reshuffle ketika kabinet tampak kurang trengginas dalam menghadapi situasi krisis akibat pandemi Covid-19. “Bahkan menulis surat terbuka pada Menteri Kesehatan saat itu dijabat Dr Terawan tentang beberapa langkah yang harus dilakukan untuk mencegah meluasnya pandemi,” kenangnya. 

Dosen Ilmu Hukum di Universitas Pancasila Jakarta ini juga optimistis terhadap kinerja kader partai yang kian membara menghadapi Pemilu 2024. Menilik data, nyaris seluruh kepengurusan partainya di daerah sudah mendekati 100 persen. Padahal, Undang-Undang Kepemiluan mencatatkan aturan main kepengurusan parpol per-provinsi minimal 50 persen untuk Kabupaten atau Kota, dan 75 persen di setiap Kecamatan. Dengan asumsi 1/1.000 populasi. Sementara PSI, menetapkan 100 persen kepengurusan. 

Baca juga : Olimpiade Tokyo, Zohri Pede Tembus Semifinal

Dea sangat yakin, PSI mendapat respons baik dari rakyat karena hadir tidak hanya menjelang hari pemungutan suara. “Rakyat tahu partai-partai mana yang bekerja sepenuh hati dan partai-partai mana yang bergerak hanya untuk meraup suara,” ungkapnya. 

Optimisme juga disampaikan Wasekjen PSI Satia Chandra Wiguna. Menurutnya, instruksi menguatkan struktur sudah berjalan dan seluruh kader di daerah sudah mulai bergerak. “Insya Allah kita akan mencapai empat persen dengan kerja keras, dengan hadir dan kerja untuk rakyat yang dilakukan kader di daerah,” ujar Chandra. [BSH]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.