Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Bidik Pemilih Milenial

Zulhas Pasang Jubir Unyu-unyu

Minggu, 8 Agustus 2021 08:31 WIB
Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (duduk tengah) saat melantik 10 jubir milenial. (Foto: Twitter @ZUL_Hasan)
Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (duduk tengah) saat melantik 10 jubir milenial. (Foto: Twitter @ZUL_Hasan)

RM.id  Rakyat Merdeka - Partai Amanat Nasional (PAN) menyadari jika pemilih milenial dan Gen Z di Pemilu 2024 sangat mendominasi. Untuk menggaet mereka, partai berlambang matahari itu mengukuhkan juru bicara partai yang relatif masih muda belia. Bahkan, masih unyu-unyu sekali. 

Para jubir muda tersebut adalah Aliah Sayuti, Ayu Arianti, Dimas Prakoso Akbar, Enggal Pamukty, Faisal Alfansury, Faiz Arsyad, Febry Wahyuni Sabran, dan Valeryan Bramasta. Menurut informasi dari media sosial pribadinya, rata-rata para jubir itu berumur 20 tahunan. Berparas cantik dan ganteng. Ini menjadi modal bagus untuk menggarap kaum milenial. 

Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan memastikan, yang dilantik menjadi jubir muda PAN ini merupakan anak-anak muda cerdas yang passionate dengan politik dan isu-isu sosial, ingin berbuat sesuatu bagi bangsa dan negaranya. “Tentu saya sangat bahagia dengan kedatangan energi-energi baru di PAN. Saya percaya kehadiran mereka akan membawa perubahan ke arah yang lebih baik, membuat PAN lebih segar, inovatif, relevan dengan semangat zaman ini yang khas kaum muda,” kata pria yang akrab disapa Zulhas ini, kemarin. 

Baca juga : Kemnaker Lirik Potensi Milenial dalam Gerakan Talenthub Bantu Kerja

Selain itu, mantan Menteri Kehutanan ini juga mengakui jika penduduk Indonesia saat ini didominasi generasi Z yaitu mencapai 75,49 juta jiwa atau setara dengan 27,94 persen dari total populasi berjumlah 270,2 juta jiwa. Sedangkan generasi milenial mencapai 69,90 juta jiwa atau 25,87 persen. 

Data tersebut merupakan hasil sensus penduduk tahun 2020 yang dirilis Badan Pusat Statistik (BPS). Dengan angka statistik tersebut, generasi Z dan milenial merupakan pemimpin populasi Indonesia saat ini. 

Sebagai partai yang menampung dan memperjuangkan aspirasi generasi muda, PAN melihat hasil sensus BPS tahun 2020 ini sebagai sebuah realita Indonesia hari ini dan ke depannya. Karena itu, tidak salah jika PAN mengukuhkan para juru bicara muda yang berasal dari generasi Z dan milenial dengan berbagai latar belakang keahlian berbeda. “Juru bicara muda yang dikukuhkan hari ini merupakan tahap awal dan akan terus bertambah jumlahnya secara bertahap,” ujarnya. 

Baca juga : Tinjau Pabrik Pengisian Oksigen, Anies Pastikan Pasokan Untuk RS Cukup

Dijelaskan, tugas para jubir Muda PAN yang paling utama adalah menyampaikan program-program, kinerja, serta pencapaian PAN kepada publik dengan gaya khas generasi muda. Jubir Muda PAN juga diharapkan dapat berkontribusi memberi masukan, ide, gagasan kepada PAN. 

“PAN merupakan partai nasionalis religius, berada di tengah, tidak mau ditarik ke kanan maupun ke kiri, PAN kembali ke jati diri sebagai partai yang terbuka dan inklusif. Kehadiran Jubir Muda PAN merupakan gizi baru bagi PAN dalam kancah politik Indonesia”, ujar Zulhas. 

Dimas Prakoso Akbar, salah satu perwakilan Jubir Muda PAN mengatakan, bukti keseriusan dan kecintaan PAN terhadap keberadaan generasi muda dengan mengajak dan membinanya berkontribusi dan berkreasi mewujudkan cita-cita politiknya. 

Baca juga : Produk Pakan Ternak Milik Koperasi Tembus Pasar Brunei

“Tidak tanggung-tanggung, langsung berada di jenjang Dewan Pimpinan Pusat (DPP) partai. Kami para jubir muda PAN mengucapkan terima kasih kepada PAN. Kini saatnya bagi kami bekerja keras menjawab kepercayaan yang diberikan,” tutup Dimas. [REN]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.