Dark/Light Mode

Persiapan Hadapi Pemilu 2024

Kepala Garuda Bidik 6 Kursi DPRD Denpasar

Rabu, 15 September 2021 06:55 WIB
Ketua DPC Gerindra Denpasar, Ida Bagus Yoga Adi Putra. (Foto: IG @gus_yoga)
Ketua DPC Gerindra Denpasar, Ida Bagus Yoga Adi Putra. (Foto: IG @gus_yoga)

 Sebelumnya 
“Mulailah membantu keluarga, sahabat, dan lebih luas adalah masyarakat. Kader Gerindra harus senantiasa memberikan pengabdian terbaik untuk rakyat,” tegasnya.

Selain menambah target kursi DPRD Denpasar, Yoga menyebut, Gerindra Denpasar akan bekerja habis-habisan mengembalikan perolehan kursi di tingkat DPRD Bali, di Dapil Denpasar.

Baca juga : Kepala Daerah Harus Rukun Dengan Wakilnya

”Pada Pileg 2014, Gerindra meloloskan almarhum Jro Komang Suwastika ke DPRD Bali. Pada Pileg 2019, Gerindra tidak meloloskan satupun ke DPRD Bali,” jelasnya.

Secara terpisah, Komisioner KPU Pusat I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi mengatakan, rencana KPU menyelenggarakan tahapan Pemilu (Pilpres dan Pileg) 2024 lebih awal, masih sebatas usulan. Rencana itu, jelasnya, belum jadi keputusan final dan masih akan dikonsultasikan lagi dengan DPR dan Pemerintah.

Baca juga : Persiapan ANBK, Peningkatan Literasi Digital Peserta Didik Mendesak

KPU, lanjut Dewa, mengusulkan agar tahapan Pemilu 2024 dimulai pada Januari 2022, sehingga pemungutan suara Pemilu nasional (Pileg dan Pilpres) dilakukan pada 21 Februari 2024.

Dengan demikian, kurang lebih waktu tahapan Pemilu hingga pemungutan suara adalah 25 bulan. Sementara jadwal Pilkada serentak 2024 dilaksanakan pada 27 November 2024. Hal ini berarti ada jeda lima bulan antara Pemilu dengan Pilkada 2024. Usulan inilah dituangkan dalam draf Peraturan KPU (PKPU) terkait tahapan Pemilu 2024.

Baca juga : Waspada, Pemilu 2024 Bakal Dihantui Hoaks

“Kita akan melakukan FGD untuk bahas draf PKUP ini, konsultasi dengan DPR, uji publik dan harmonisasi dengan Kemenkumham. Jika PKPU-nya sudah diundangkan, itu baru final,” jelasnya. [SSL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.