Dark/Light Mode

Diprediksi Tak Lolos Ke Senayan

Empat Menteri Nyungsep

Sabtu, 18 Mei 2019 06:55 WIB
Menteri Agama Lukman Hakim Saipudin (kiri atas), Menpora Imam Nahrawi (kanan atas) Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri (kanan bawah) dan Mendes Eko Putro Sandjojo (kiri bawah). (Foto: Istimewa).
Menteri Agama Lukman Hakim Saipudin (kiri atas), Menpora Imam Nahrawi (kanan atas) Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri (kanan bawah) dan Mendes Eko Putro Sandjojo (kiri bawah). (Foto: Istimewa).

RM.id  Rakyat Merdeka - Empat menteri Jokowi diprediksi tumbang atau gagal meraih kursi DPR. Sedangkan, dua menteri melaju mulus ke Senayan.

Menurut catatan Rakyat Merdeka, paling tidak ada 6 menteri Kabinet Kerja ikut bertarung, jadi caleg di Pileg 2019. Yakni, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manuasi dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani, Menteri Pemuda Dan Olahraga (Menpora) Imam Nahwari, Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri, Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin, Menteri Desa (Mendes) Eko Putro Sandjojo dan Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yasonna Laoly.

Keinginan para menteri nyalon lagi sudah sejak lama mendapat restu dari Presiden Jokowi. Tapi, nasib berkata lain. Dari 6 menteri itu, hanya 2 melenggang ke Senayan. Sedangkan, 4 menteri diprediksi gagal.

Baca juga : Lukman Senasib dengan Nahrawi

Dua menteri sangat berpotensi meraih kursi DPR adalah Puan Maharani dan Yasonna Laoly. Hasil Rapat Pleno Rekapitulasi Pemilu 2019, Puan berhasil memborong 404.304 suara dari Dapil V Jawa Tengah (Jateng). Puan memperoleh suara tertinggi dan sekaligus membantu PDIP mengamankan empat kursi DPR.

Menkumham Yasonna Laoly juga diperkirakan mampu menembus Senayan. Meski hasil rekapitulasi belum disahkan, tapi Yasonna yang maju dari Dapil I Sumatera Utara (Sumut) mengaku, meraih kursi Dewan.

Saat ditemui wartawan di Istana Kepresidenan beberapa waktu lalu, Yasonna mengklaim sudah mengantongi 100 ribu suara. Meski demikian, raihan positif Puan dan Yasonna itu tak diikuti 4 menteri lain.

Baca juga : Reshuffle Kabinet Nunggu Ada Menteri Jadi Tersangka

Seperti dikutip dari CNN Indonesia, Mendes Eko Putro Sandjojo gagal menembus Senayan. Maju sebagai caleg DPR dari PKB, Eko Putro gagal meraih kursi dari Dapil Bengkulu. Dia hanya meraih 48.625 suara sah. Alhasil total suara PKB tak cukup untuk merebut satu pun kursi di sana.

Dua menteri Jokowi dari PKB lainnya, Hanif Dhakiri dan Menpora Imam Nahrawi juga gagal. Hanif yang maju di Dapil VI Jawa Barat (Jabar) hanya memperoleh 39.366 suara. Sedangkan, Imam Nahrawi yang maju di Dapil I DKI Jakarta juga diperkirakan tumbang.

Direktur Eksekutif Perhimpunan Survei dan Riset Publik (Persepsi) Natahari Wibowo memprediksi Imam Nahrawi gagal di Dapil I DKI Jakarta (meliputi Jakarta Timur). Dari penghitungan Persepsi di 10 kecamatan Jakarta Timur, suara PKB tak cukup untuk mendapat satu kursi pun.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.