Dark/Light Mode

Didorong 30 DPD

Prabowo Nyapres Tinggal Ngangguk

Kamis, 11 November 2021 08:25 WIB
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. (Foto: Istimewa)
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Dukungan mereka bukan tanpa sebab. Melihat beberapa hasil survei, elektabilitas Prabowo tinggi terus. Selalu di atas kandidat lainnya. Bahkan, Prabowo diprediksi akan menang mudah karena pertarungan Pilpres 2024 tidak seketat 2014 dan 2019.

Dalam survei yang dirilis Saiful Mujani Research dan Consulting (SMRC) pada Sabtu (9/10) lalu, elektabilitas Prabowo berada di peringkat pertama yakni sebesar 18,1 persen. Disusul Ganjar yang mendapat dukungan 15,8 persen. Berikutnya, Anies dengan elektabilitas sebesar 11,1 persen.

Baca juga : Sandi-Ganjar Bisa Senasib

Lalu Survei Puspoll Indonesia pada April 2021 juga menunjukkan elektabilitas Prabowo masih tertinggi. Mencapai 20,9 persen. Kemudian disusul Anies dengan 15,4 persen dan Ganjar 13,8 persen. Berikutnya, hasil survei LSI Denny JA yang dirilis bulan Juni, Prabowo juga masih menempati posisi teratas tokoh dengan tingkat elektabilitas tertinggi. Elektabilitasnya 23,5 persen. Disusul Ganjar di posisi kedua dengan elektabilitas 15,5 persen dan Anies 13,8 persen.

Selanjutnya, hasil survei Indikator Politik menunjukkan tingkat elektabilitas Prabowo mencapai 26,2 persen. Disusul Ganjar 20,8 persen dan Anies 15,5 persen. Kemudian hasil survei Indostrategic yang dirilis pada 3 Agustus. Prabowo menempati posisi teratas sebagai capres dengan elektabilitas sebesar 17,5 persen, dikuntit Ganjar dan Anies.

Baca juga : Luhut Pandai Mengukur Diri

Sedangkan di survei Litbang Kompas, Prabowo dan Ganjar memiliki elektabilitas yang sama, yaitu 13,9 persen. Keduanya kejar-kejaran menapaki pucuk elektabilitas.

Pengamat Politik dari Universitas Al Azhar Indonesia, Ujang Komarudin memprediksi, Prabowo akan kembali bertarung di Pilpres 2024. Menurutnya, dinamika yang saat ini terjadi di internal Gerindra, bagian dari skenario politik untuk mengambil simpatik publik.

Baca juga : Banteng, Tunjukkan Mana Tandukmu

“Seolah-olah santai di mata rakyat. Jadi, bagian dari strategi Gerindra untuk dukung dan dorong Prabowo nyapres 2024,” beber Ujang. [UMM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.