Dark/Light Mode

KPU Ogah Coret 13 Ribu Orang Misterius Di DPT

Kamis, 6 Juli 2023 06:45 WIB
Ketua KPU Hasyim Asyari bersama anggota KPU Betty Epsilon Idroos (kanan) saat rapat pleno terbuka rekapitulasi Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2024 di Kantor KPU, Jakarta, Minggu (2/7). (Foto: Dwi Pambudo/RM)
Ketua KPU Hasyim Asyari bersama anggota KPU Betty Epsilon Idroos (kanan) saat rapat pleno terbuka rekapitulasi Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2024 di Kantor KPU, Jakarta, Minggu (2/7). (Foto: Dwi Pambudo/RM)

 Sebelumnya 
Bahkan, lanjut Betty, persoalan serupa kini masih terjadi di Jakarta. Dia mencontohkan warga korban gusuran pembangunan mall di kawasan Menteng Dalam, Jakarta Pusat. Mereka kini sudah pindah tempat tinggal, tapi alamat KTP-nya masih di Menteng Dalam.

“Mereka tidak bisa kami hapus dari daftar pemilih. Saat Pemilu 2019 kami tetap mendirikan TPS di sekitaran situ dan mereka datang untuk menggunakan hak pilihnya,” terangnya.

Baca juga : BP2MI Apresiasi Komitmen Polda Riau Perangi Kasus TPPO

Sementara, Koordinator Divisi Data dan Informasi KPU Maluku Utara, Reni Syafruddin Banjar mengatakan, ada sebanyak 13.743 orang tidak dikenal di Kota Ternate yang masuk DPT. Kata dia, data tersebut didapatkan usai KPU Ternate melakukan proses pencocokan dan penelitian (coklit) ke rumah setiap calon pemilih.

“Coklit dilakukan dengan membandingkan data Daftar Penduduk Potensial Pemilih (DP4) dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dengan temuan langsung di lapangan,” ujarnya.

Baca juga : KPK Nggak Worry Sekma Hasbi Hasan Melarikan Diri

Hasilnya, kata Reni, ada sebanyak 15.102 calon pemilih di Ternate tidak ditemukan keberadaannya alias misterius. Setelah itu, KPU Ternate melakukan analisis data ganda dan kelengkapan do­kumen. Hasilnya, jumlah calon pemilih tidak dikenal berkurang menjadi 13.743 orang.

“Kami minta Pemerintah Desa masing-masing mengeluarkan surat pernyataan bahwa 13 ribu orang tak dikenal itu memang bukan warga setempat. Surat itu diperlukan sebagai landasan bagi KPU mencoret mereka dari daftar pemilih,” kata Reni.

Baca juga : Suap Kadis PU Bengkalis, Komisaris PT Rimbo Peraduan Ditahan KPK

Namun, kata Reni, Pemerintah Desa tidak merespons. Alhasil, KPU Ternate tetap memasukkan 13.743 orang misterius tersebut ke dalam DPT yang penetapannya dilakukan pada 20 Juni 2023.  

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.