Dark/Light Mode

Usulkan Duet Prabowo-Airlangga

Projo Ngelawan Banteng

Rabu, 21 Juni 2023 07:45 WIB
Bendahara Umum DPP Projo, Panel Barus. (Foto: Antara)
Bendahara Umum DPP Projo, Panel Barus. (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Relawan Presiden Joko Widodo, Pro Jokowi (Projo) mulai menggelar Konferensi Daerah (Konferda) di 30 DPD Provinsi. Provinsi perdana Konferda Projo digelar di Hotel Claro, Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), Minggu (18/6). Hasilnya antara lain, menelurkan rekomendasi pasangan capres-cawapres Prabowo Subianto-Airlangga Hartarto dalam Pilpres 2024.

Bendahara Umum DPP Projo, Panel Barus menjelaskan, hasil Konferda Sulsel merupakan suara akar rumput relawan Projo wilayah Sulsel. Seluruh DPC Projo Sulsel hadir dalam Konferda yang digelar terbuka dan transparan ini.

“Kan memang di setiap Kon­ferda akan ada simulasi capres-cawapres 2024 yang namanya dijaring dari hasil Musyawarah Rakyat (Musra) Indonesia. Baik Pak Prabowo maupun Pak Air­langga kan masuk sebagai cap­res-cawapres hasil Musra yang lalu,” kata Panel kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Baca juga : Pengadaan 12 Jet Tempur Upaya Prabowo Jaga Perekonomian Indonesia

Diketahui, hasil Musra yang puncaknya disaksikan Presiden Jokowi, ada tiga capres yang di­rekomendasikan yakni Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, dan Airlangga Hartarto. Sementara untuk posisi cawapres, ada nama Mahfud MD, Moeldoko, Arsjad Rasjid, dan Sandiaga Uno.

Panel yang juga eks Ketua Panitia Nasional Musra Indone­sia mengatakan, hasil Konferda Projo Sulsel ini baru hasil satu DPD Projo. Bisa jadi, di Kon­ferda DPD Projo berikutnya, pasangan capres-cawapres yang diusulkan berbeda.

Nah, nantinya, hasil rekomendasi Konferda di 30 DPD Projo, akan dibawa dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) VI Projo yang akan digelar September.

Baca juga : Lagi Blusukan, Prabowo Ogah Bicara Politik

“Jadi kita tunggu saja hasil Konferda berikutnya. Sulsel ini Kon­ferda perdana. Hasilnya Prabowo-Airlangga. Mengapa Prabowo dan Airlangga yang direkomen­dasikan, karena mungkin di sana keduanya punya basis massa yang kuat. Di provinsi lain hasilnya bisa sangat berbeda,” kata Panel.

Di luar basis massa, Panel menyebut, bisa jadi relawan Projo Sulsel menganggap duet Prabowo-Airlangga mampu menjawab sejumlah tantangan bangsa ke depan. Sebab, dalam kajian Projo, terdapat empat poin tan­tangan zaman bangsa. Yakni, keti­dakpastian global, masalah eko­nomi pasca Pandemi Covid-19, persatuan dan kohesi nasional, serta keberlanjutan pembangunan yang pondasinya sudah dibangun begitu bagus oleh Jokowi.

“Indonesia mampu bertahan, bahkan di luar dugaan kita eko­nomi tetap tumbuh di 5,71 persen. Persatuan nasional juga dibutuh­kan sebagai syarat kita bisa jadi pemain internasional dan melom­pat jauh dari sisi ekonomi. Duet Prabowo-Airlangga merepresen­tasikan kebutuhan memenuhi tantangan itu,” kata Panel.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.