Dark/Light Mode

Ketimbang Ke Prabowo

Gibran Lebih Pro-Ganjar

Minggu, 23 Juli 2023 08:00 WIB
Ditemani Walikota Bogor Bima Arya Sugianto dan Walikota Solo Gibran Rakabuming, Capres dari PDI Perjuangan Ganjar Pranowo blusukan ke pasar Citeureup Bogor, Jawa Barat, kemarin. (Foto: Putu Wahyu Rama/RM)
Ditemani Walikota Bogor Bima Arya Sugianto dan Walikota Solo Gibran Rakabuming, Capres dari PDI Perjuangan Ganjar Pranowo blusukan ke pasar Citeureup Bogor, Jawa Barat, kemarin. (Foto: Putu Wahyu Rama/RM)

 Sebelumnya 
“Saya dekat dengan semua. Pak Prabowo, Pak Anies. (Tapi) Paling dekat, ya, sama Pak Ganjar,” ujar Gibran, saat ditemui di Saung Berkah.

Ditanya soal dukungan kepada Ganjar, Gibran bilang tinggal menunggu waktu. “Kampanye kan belum dimulai,” ujarnya.

Sementara itu, Ganjar menegaskan, kehadiran Gibran di acara blusukan tersebut sebagai bentuk dukungan kepadanya. “Saya kira interpretasinya tunggal. Tak ada interpretasi lain,” kata Ganjar.

Ganjar mengungkapkan, sebagai kader PDIP, Gibran juga nantinya akan menjadi juru kampanye. Soal kedekatan, Ganjar juga mengaku dekat dengan Gibran. Ia lalu menceritakan pengalamannya menjadi jurkam saat kampanye Gibran di Pilkada Solo.

Baca juga : Prabowo-Erick Makin Lengket

Ganjar mengatakan, Gibran siap ikut kampanye. Salah satunya ditandai dengan acara di Solo yang rencananya digelar hari ini.

Wakil Ketua Tim Koordinasi Relawan Pemenangan Pilpres, PDIP Adian Napitupulu menegaskan, kehadiran Gibran sebagai bentuk dukungan kepada Ganjar.

“Kehadiran dalam rangkaian acara ini, ini lah keberpihakan,” kata Adian, kemarin.

Kata dia, kehadiran Gibran ini lebih kuat dari argumentasi apapun. Bahwa Gibran mendukung Ganjar memang benar adanya. Adian pun menyakini, Gibran bakal totalitas mendukung Ganjar.

Baca juga : Ke Jokowi, Prabowo Main Hati

Bahkan, kata dia, Presiden Jokowi pun nanti akan turun langsung mendukung dan mengkampanyekan Ganjar jika sudah waktunya.

Pengamat Politik Universitas Pelita Harapan (UPH) Emrus Sihombing menilai kehadiran Gibran dan ditunjuknya Gibran sebagai jurkam sebagai langkah yang tepat. Pasalnya, Gibran adalah representasi sosok tokoh muda, khususnya generasi milenial dan generasi Z. Gibran sosok tokoh muda yang positif dan dikenal masyarakat luas.

“Ia bisa meraup suara pemilih pemula khususnya generasi milenial dan generasi Z yang jumlahnya sekarang 50 persen lebih,” kata Emrus, dalam keterangan tertulis, kemarin.

Dari prediksi Emrus, elektabilitas Ganjar bisa meningkat pesat karena Gibran sebagai juru kampanye. “Penunjukan Gibran sebagai juru kampanye juga sebagai simbol non verbal bahwa keluarga Presiden Jokowi mendukung pencapresan Ganjar,” tutupnya.

Baca juga : Percepat Kebangkitan Indonesia, Prabowo Siapkan Dasco Jadi Ketua DPR

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Minggu 23/7/2023 dengan judul Ketimbang Ke Prabowo, Gibran Lebih Pro-Ganjar

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.