Dark/Light Mode

Sering Ketemu

Prabowo-Erick Makin Lengket

Kamis, 20 Juli 2023 08:14 WIB
Momen Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Menteri BUMN Erick Thohir makan malam bersama dengan Presiden Jokowi, di Istana Bogor, Minggu (16/7). (Foto: Instagram Prabowo)
Momen Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Menteri BUMN Erick Thohir makan malam bersama dengan Presiden Jokowi, di Istana Bogor, Minggu (16/7). (Foto: Instagram Prabowo)

RM.id  Rakyat Merdeka - Di tengah wacana duet di Pilpres 2024, Prabowo Subianto dan Erick Thohir sering ketemuan. Keduanya juga tampak semakin lengket. Hal ini pun menguatkan wacana Prabowo-Erick akan berpasangan sebagai Capres-Cawapres di 2024.

Dalam sepekan terakhir, Prabowo dan Erick sudah dua kali bertemu. Pertama, Minggu (16/7), saat keduanya makan malam bersama Presiden Jokowi di Istana Bogor, Jawa Barat. Ketiganya duduk di meja bundar, yang di atasnya sudah tersedia beberapa menu makanan. Jokowi duduk di tengah, diapit Prabowo di kiri dan Erick di kanan. Di depan mereka, ada masing-masing satu kelapa muda.

Prabowo terlihat sedang berbicara. Jokowi dan Erick memerhatikan sambil memandang ke arah Prabowo.

Momen hangat itu, dibagikan Prabowo di akun Instagramnya, @prabowo. Keduanya dipanggil Jokowi untuk urusan kenegaraan. Prabowo sebagai Menteri Pertahanan dan Erick sebagai Menteri BUMN.

Baca juga : Ke Jokowi, Prabowo Main Hati

"Minggu sore, 16 Juli 2023, di Istana Bogor. Saya dan Pak @erickthohir menerima arahan dari Presiden @jokowi. Industri Pertahanan Nasional Indonesia harus kuat dan semakin maju," kata Ketua Umum Partai Gerindra itu, memberikan keterangan dalam unggahan fotonya.

Kedua, Prabowo dan Erick bertemu di Kementerian Pertahanan, Selasa (19/7). Dalam pertemuan ini, Erick mengajak Rosan Perkasa Roeslani, yang baru dilantik menjadi Wakil Menteri BUMN, Senin (18/7). Prabowo duduk di tengah, diapit Rosan dan Erick di atas meja bundar, di ruangan Menhan.

Momen ini dibagikan Erick di akun Instagramnya, @erickthohir. Ada dua foto yang diunggah Erick. Dalam foto-foto itu terlihat, ketiganya terlihat tersenyum dan tertawa lepas.

Erick menerangkan, pertemuan itu sebagai tindak lanjut arahan Jokowi, yakni memperkuat industri pertahanan Indonesia. "Saya bersama Wamen BUMN @RosanRoeslani membicarakan perkembangan industri pertahanan nasional," tulis Erick, memberi keterangan foto unggahannya.

Baca juga : Sowan Ke Ketum Muhammadiyah, Prabowo Lincah Banget

Erick menegaskan, pihaknya berkomitmen untuk meningkatkan industri pertahanan nasional demi perlindungan keamanan negara dan masyarakat. "Perlindungan terhadap keamanan negara dan seluruh masyarakat akan selalu menjadi prioritas kami. Demi terwujudnya stabilitas dan keberlanjutan pembangunan di Indonesia," tandasnya.

Apakah dalam pertemuan ini juga dibicara mengenai Pilpres 2024? Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Habiburokhman menerangkan, dalam pertemuan itu, Prabowo-Erick berbicara banyak hal. Mulai dari membicarakan kepentingan bangsa bangsa, khususnya di sektor pertahanan negara, sampai ke kelanjutan program Presiden Jokowi.

"Mereka bicara bagaimana Indonesia ke depan. Segala prestasi, legasi, capaian, dan seluruh kebijakan Pak Jokowi dilanjutkan, dijaga, diamankan oleh pemerintahan yang akan datang," ucap Habib.

Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO) Dedi Kurnia Syah melihat, hubungan Prabowo dan Erick ini tidak lepas dari peran Jokowi. Dia menduga, Jokowi sengaja mempertemukan Prabowo-Erick, sebagai upaya menduetkannya di Pilpres 2024.

Baca juga : Airlangga Tak Kunjung Berlabuh

"Asumsi ini tinggal menunggu langkah lanjutan Erick, yakni pertemuan dengan PKB. Karena, bagaimana pun Erick perlu lakukan pengkondisian PKB agar merelakan kursi Cawapres Prabowo padanya," ucap Dedi.

Saat ini, Partai Gerindra sudah menjalin kerja sama dengan PKB dalam Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR). PKB terus berusaha agar Ketumnya, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin bisa menjadi Cawapres Prabowo.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.