Dark/Light Mode

Kelamaan Umumin Cawapres

Elektabilitas Anies Anjlok

Selasa, 8 Agustus 2023 07:40 WIB
Calon Presiden (Capres) Anies Baswedan. (Foto: Antara)
Calon Presiden (Capres) Anies Baswedan. (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Elektabilitas Calon Presiden (Capres) Anies Baswedan anjlok. Survei Indikator Politik Indonesia (IPI) menemukan,Anis ditinggal Capres Partai Gerindra, Prabowo Subianto. Misalnya, di Provinsi Sumatera Barat (Sumbar).

Padahal, Sumbar diklaim sebagai basis pemilih Anies dan para partai pengusung di Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP).

Menanggapi hal ini Koordinator Juru Bicara Partai Demokrat, Herzaky Mahendra Putra mengungkapkan, rendahnya elektabilitas Anies di Sumbar lantaran hingga kini belum punya Calon Wakil Presiden (Cawapres).

Baca juga : Dibuka Jokowi, Sidang Umum ke-44 AIPA Kawal Stabilitas Kawasan ASEAN

"Jadi kalau Demokrat sudah jelas langkahnya, Cawapres umumkan segera. Lalu bentuk tim pemenangan. Sebab, tak mungkin bentuk tim pemenangan bersama yang solid tanpa Cawapres," ujar Herzaky kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Dikatakan, publik saat ini ma­sih menunggu kepastian Anies dan partai pengusung untuk sungguh-sungguh memperjuang­kan perubahan. "Jadi masyara­kat masih wait and see di situ. Sehingga yang menginginkan perubahan belum memantapkan pilihan," ujarnya.

Serupa, Ketua DPP PKS, Mardani Ali Sera mengatakan, penen­tuan Cawapres pendamping Anies sangat penting, agar relawan segera bergerak serentak. "Relawan itu perlu amunisi, dalam bentuk kepastian. Bukan dalam uang atau pun logistik ya," tuturnya.

Baca juga : Survei SPIN: Elektabilitas Prabowo Terus Meroket

Ali yakin, semakin cepat Anies menentukan pendamping, semakin solid relawan dan partai koalisi bekerja. Gerak relawan dan partai dapat segera menyasar akar rumput, khususnya Edi Sumbar. "Yang penting kan agar segera kerja yang di bawah," ungkapnya.

Sebelumnya, Peneliti Utama Indikator Politik Indonesia (IPI) Burhanuddin Muhtadi memapar­kan, dalam survei teranyarnya khusus wilayah Sumbar, elekta­bilitas Prabowo di posisi puncak.

Untuk survei Pilpres dalam simulasi tiga nama, Prabowo berada di peringkat teratas bursa Capres dengan 48,0 persen. Sementara Anies Baswedan 39,5 persen disusul Ganjar Pranowo yang cuma meraih 6,2 persen.

Baca juga : OJK Tetapkan Arah Kebijakan Jaga Stabilitas Sektor Keuangan

"Bila Pilpres dilakukan saat ini, yang akan dipilih masyarakat Sumatra Barat adalah Prabowo Subianto. Bisa hattrick di provinsi ini," kata Burhanuddin dalam rilis survei secara daring, beberapa waktu lalu.

Survei Indikator digelar pada 26 Juni-10 Juli 2023 dengan melibatkan 810 responden di tiap dapil. Adapun Sumbar terdiri dari 2 dapil, dengan demikian responden total di 2 dapil yakni 1.620. Metode survei tatap mu­ka. Margin of error survei yakni +/-2,7 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Selasa 8/8/2023 dengan judul Kelamaan Umumin Cawapres, Elektabilitas Anies Anjlok

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.