Dark/Light Mode

Penyelenggara Tidak Boleh Diintervensi

Pemilu Kudu Halal Thayyiban

Selasa, 8 Agustus 2023 06:45 WIB
Anggota Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) Ratna Dewi Pettalolo. (Foto: Antara)
Anggota Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) Ratna Dewi Pettalolo. (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pelaksanaan pemilu tidak cukup hanya memenuhi aspek prosedural. Pemilu harus juga memenuhi aspek substansi dari demokrasi.

Anggota Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) Ratna Dewi Pettalolo menegaskan, pelaksa­naan pemilu tidak cukup sah di mata hukum. Pelaksanaan pemilu juga harus memenuhi aspek integritas, kemandirian dan keadilan.

“Kalau dalam Islam, makanan yang kita konsumsi bukan hanya halal, tapi juga harus thayyiban. Jadi, pemilu juga harus halal thayyiban,” ujar Ratna, kemarin.

Baca juga : Menko Polhukam: Jenderal, Menteri, Tak Boleh Intervensi PPATK

Menurut Ratna, aspek integritas san­gat penting dalam pelaksanaan pemilu. Sebab, proses yang mengandung aspek integritas akan membuat pemilu tersebut memiliki legitimasi, sehingga hasilnya pun dapat diterima dan dipercaya oleh semua pihak.

“Pemilu yang berintegritas akan men­guatkan legitimasi pemerintahan yang terpilih serta meredam konflik di tengah masyarakat,” jelasnya.

Ratna mengatakan, pemilu yang ber­integritas dapat meningkatkan partisipasi masyarakat dalam semua tahapan. Yaitu, dalam penegakan Kode Etik Penyelenggara Pemilu (KEPP) dan pengawasan terhadap segala pelanggaran yang berpotensi dilaku­kan oleh peserta pemilu.

Baca juga : Pertamina Ajak Generasi Muda Peduli Pada Perubahan Iklim

“Integritas dalam pemilu harus diawali oleh penyelenggara pemilu yang ber­integritas,” katanya.

Menurut Ratna, penyelenggara pemi­lu yang berintegritas dan partisipasi masyarakat yang tinggi merupakan dua dari lima syarat pemilu yang demokratis. Tiga syarat lainnya, regulasi pemilu yang jelas, peserta pemilu yang taat aturan dan birokrasi yang netral.

Ratna menekankan kepada seluruh penyelenggara pemilu agar menjaga kemandiriannya. Dia menegaskan, kemandirian merupakan kunci dari ter­wujudnya halal thayyiban dalam pelak­sanaan pemilu.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.