Dark/Light Mode

Bawaslu Kudu Berani Bertindak

Jewer Parpol Dan Bacapres Yang Umbar Janji Politik!

Rabu, 13 September 2023 06:45 WIB
Direktur Democracy and Electoral Empowerment Partnership (DEEP) Indonesia Neni Nur Hayati. (Foto: Antara)
Direktur Democracy and Electoral Empowerment Partnership (DEEP) Indonesia Neni Nur Hayati. (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Masa kampanye belum juga mulai, tetapi partai politik (parpol) hingga bakal calon presiden (bacapres) sudah umbar janji. Bawaslu harus mengambil tindakan.

Direktur Democracy and Electoral Empowerment Partnership (DEEP) Indonesia Neni Nur Hayati khawatir aksi parpol peserta pemilu dan bacapres yang mengumbar janji-janji politik sebelum masa kampanye berdampak buruk terh­adap integritas Bawaslu.

“Jika Bawaslu melakukan pembiaran, saya khawatir trust (kepercayaan) publik kepada Bawaslu semakin luntur,” ujar Neni dalam keterangannya, kemarin.

Baca juga : Kemendagri: Tugas Pj Kepala Daerah Sejahterakan Rakyat, Jangan Umbar Janji

Menurutnya, umbar janji terjadi karena aturan baru terkait kampanye. Bawaslu mesti bisa menciptakan kreativitas pence­gahan di tengah gempuran kandidat yang marak mempengaruhi pemilih dengan menghalalkan segala cara dan tidak etis.

“Bawaslu harus bersikap tegas dan ce­pat ketika menemukan dugaan pelangga­ran atau hal lain yang tidak sesuai dengan perundang-undangan,” katanya.

Neni bilang, sejauh ini Bawaslu dinilai lamban dan kurang responsif terhadap fenomena-fenomena pemilu di tengah masyarakat, yang tidak sesuai dengan aturan perundang-undangan.

Baca juga : Nelayan Balad Ganjar Beri Tenda Serbaguna Dan Ratusan Kursi Bagi Warga Pangandaran

“Bawaslu harus hadirkan kreativitas, inovasi dan progresivitas dalam kom­petisi yang adil dan setara,” ucap Neni.

Direktur Eksekutif Perkumpulan un­tuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) Khoirunnisa mengatakan, Bawaslu perlu memanggil pihak-pihak terkait yang melakukan curi start kampanye dengan mengumbar visi misi dan program.

Menurut dia, dalam undang-undang disebut unsur kampanye di antaranya adalah visi, misi, program dan citra diri.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.