Dark/Light Mode

Tenang, Duit Untuk Pemilu Aman

Kamis, 14 September 2023 07:40 WIB
Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari. (Foto: Antara)
Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari. (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Komisi II DPR sudah menyepakati dana yang akan dipakai KPU dan Bawaslu untuk pelaksanaan Pemilu 2024, baik Pemilu Legislatif (Pileg) maupun Pemilu Presiden (Pilpres). Namun, duit yang disediakan itu, baru untuk skenario Pilpres hanya berlangsung 1 putaran. Lantas bagaimana kalau Pilpres berlangsung 2 putaran? Apakah duitnya ada? Tenang, kata Presiden Jokowi, duit Pemilu aman. Mau satu putaran ada. Mau dua putaran juga ada.

Keputusan soal pagu anggaran Pemilu 2024 merupakan kesimpulan rapat dengar pendapat (RDP) yang digelar Komisi II DPR bersama KPU dan Bawaslu, Selasa (12/9). Dalam rapat tersebut, anggota dewan menyetujui pagu anggaran buat kedua lembaga penyelenggara pemilu itu.

Baca juga : Kejagung: Duit Rp 27 Miliar Untuk Perkara Windi Purnama

Jumlah yang disetujui sesuai dengan Surat Edaran Bersama Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Suharso Monoarfa serta Menkeu Sri Mulyani Indrawati, tertanggal 31 Juli 2023.

Bawaslu mendapatkan anggaran Rp 11,6 triliun dan KPU diberi jatah Rp 28,3 triliun. Namun, jumlah anggaran yang diterima KPU itu lebih kecil dari total yang diajukannya sebesar Rp 44,73 triliun. Belum lagi, anggaran KPU harus dipotong Rp 974 miliar untuk Pilkada 2024 di empat provinsi hasil daerah otonomi baru (DOB). Yakni, Papua Selatan, Papua Tengah, Papua Pegunungan, dan Papua Barat Daya. Sehingga, duit untuk penyelenggaraan Pemilu 2024 hanya Rp 27,39 triliun.

Baca juga : Lagi, Bintang Man United Ini Dituduh Lecehkan Perempuan

Dengan total tersebut, KPU masih butuh anggaran tambahan Rp 17,34 triliun. Duit segitu, rencananya akan dipakai KPU untuk antisipasi bila Pilpres berjalan 2 putaran.

Hal ini dibenarkan Ketua KPU Hasyim Asy’ari. Kata dia, duit yang sudah disepakati antara DPR dan pemerintah, tidak akan cukup untuk menggelar Pilpres hingga 2 putaran. Sebab, dananya akan habis di putaran pertama.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.