Dark/Light Mode

Ngirit Uang Rakyat, Bos PPP: Pemilu 2024 Cukup 2 Poros, 1 Putaran Saja

Senin, 25 September 2023 16:28 WIB
Ketua Umum PPP Mardiono saat menjawab pertanyaan wartawan di Hotel Sultan, Jakarta, Senin (25/9/2023). (Foto: Khoirul Umam/Rakyat Merdeka/RM.id)
Ketua Umum PPP Mardiono saat menjawab pertanyaan wartawan di Hotel Sultan, Jakarta, Senin (25/9/2023). (Foto: Khoirul Umam/Rakyat Merdeka/RM.id)

RM.id  Rakyat Merdeka - Blak-blakan, Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPPMuhamad Mardiono mengatakan, partainya tak ingin Pilpres 2024 diikuti banyak poros. Cukup dua saja. Demi menghemat anggaran negara. 

"Kalau bisa, poros yang tidak memerlukan anggaran negara dalam jumlah besar, tidak menggunakan uang rakyat yang besar. Supaya efektif efisien. Kalau bisa, Pemilu ini satu putaran saja," kata Mardiono di Hotel Sultan, Jakarta, Senin (25/9/2023).

Baca juga : Lagi, Pemilu 2024 Pake Sirekap

Apakah satu putaran itu nantinya akan diikuti oleh satu atau dua poros, Mardiono menyebut, hal tersebut sangat tergantung partai. Tergantung komposisi yang dibangun. 

"Kalau bisa memang satu putaran, agar tidak menyedot anggaran negara yang merupakan uang rakyat. Lebih hemat," jelas Utusan Khusus Presiden (UKP) Indonesia Bidang Kerja Sama Pengentasan Kemiskinan dan Ketahanan Pangan itu.

Baca juga : Pemilu 2024 Bakal Seru Dan Semarak

Saat ini, sudah ada tiga koalisi yang memiliki tiga bakal calon presiden (bacapres). PDIP bersama PPP, Hanura, dan Perindo sepakat mengusung Ganjar Pranowo. Gerindra bersama Golkar, PAN dan Demokrat resmi mengusung Prabowo Subianto. Sementara NasDem, PKB dan PKS mantap menjagokan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar sebagai pasangan Capres-Cawapres 2024. 

20 September lalu, Komisi II DPR bersama Kementerian Dalam Negeri dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menyepakati jadwal pengumuman pendaftaran Capres dan Cawapres 2024 pada 16-18 Oktober 2023. Sedangkan masa pendaftarannya, 19-25 Oktober 2023.

Baca juga : Politik Uang Marak Di Pemilu, Firli Cs Gregetan

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.